Berita Bisnis Terkini

Bengkel Pertamina Sahabat Difabel Dilaunching di Bantul

Bengkel Pertamina Sahabat Difabel ini dikelola oleh anggota Forum Peduli Difabel Bantul (FPDB), berlokasi di Jalan Parangtritis No 18, Jetis, Bantul

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
PT Pertamina Lubricants bersama PT Pertamina Retail launching Bengkel Pertamina Sahabat Difabel, yang dikelola anggota Forum Peduli Difabel Bantul (FPDB), Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - PT Pertamina Lubricants bersama PT Pertamina Retail memberdayakan penyandang disabilitas dengan upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui Program Pertamina Sahabat Difabel.

Program ini berfokus kepada pembinaan untuk kemandirian penyandang disabilitas, dengan bekal berbagai rangkaian pelatihan yang telah dilaksanakan antara lain pelatihan dengan materi teknik dasar pengelasan dengan busur manual, pengenalan alat-alat yang dipergunakan, berlatih hitung cepat bahan kerja produk, pelatihan pembuatan produk, teknik finishing, servis sepeda motor roda dua dan roda tiga.

Selain pelatihan teknis, peserta dibekali pelatihan kewirausahaan dan marketing.

Baca juga: Sukses Tingkatkan Taraf Hidup Warga di Jateng DIY, Pertamina Raih 11 Penghargaan Nusantara CSR Award

Seluruh Pelatihan tersebut secara berkelanjutan terlaksana sejak 2019 dengan output 'Bengkel Pertamina Sahabat Difabel', yang resmi dilaunching, Kamis (15/9/2022).

Bengkel Pertamina Sahabat Difabel ini dikelola oleh anggota Forum Peduli Difabel Bantul (FPDB), berlokasi di Jalan Parangtritis No 18, Ngaglik, Jetis Bantul-DIY.

Manager CSR & SMEPP C&T Nur Hidayati, berharap melalui kegiatan ini dapat mendukung peningkatan dan penguatan passion sahabat disabilitas Bantul di bidang perbengkelan.

"Harapan kami, semoga program ini dapat memberikan manfaat kepada teman-teman disabilitas, menjadi kegiatan yang terus berkesinambungan," ujar Nur Hidayati.

Dalam kesempatan yang sama, VP Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, Rifqi Budi Prasetyo menambahkan bahwa Program Pertamina Sahabat Difabel pada tahun ini berkolaborasi dengan PT Pertamina Retail.

Baca juga: Pertamuda: Seed & Scale Up 2022 Bukti Komitmen Pertamina Dukung Start Up Tanah Air

"Kolaborasi ini tentunya sangat baik, harapannya bisa memberikan dampak positif yang lebih besar," ujar dia.

Sementara itu, ketua FPDB Yulianto mengapresiasi kehadiran Pertamina Lubricants dan Pertamina Retail atas inisiatifnya menyelenggarakan program ini.

Ditambahkannya, FPDB merupakan organisasi yang menaungi masyarakat difabel khususnya di daerah Bantul.

Sebagai wujud kemandirian, FPDB memiliki bengkel yang berlokasi di Jalan Parangtritis No 18 RT 10 Ngaglik, Jetis Bantul.

Berawal dari bengkel reparasi kursi roda tiga, bengkel FPDB kini juga sudah melayani modifikasi kendaraan roda tiga.

"Sejauh ini kami sudah melayani pesanan kendaraan khusus teman-teman difabel, mulai dari pembuatan sespan hingga modifikasi motor roda tiga. Di bengkel kami, ada 6 montir yang semuanya penyandang disabilitas," jelas dia. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved