Pilpres 2024

Pilpres 2024: Tanggapan PPP Perihal Kemungkinan Mengusung Sandiaga Uno Sebagai Capres

Perihal kemungkinan mengusung Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno sebagai Capres 2024 itu direspons Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
tribunnews.com
Menparekraf Sandiaga Uno 

TRIBUNJOGJA.COM - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan tanggapannya ketika ditanya mengenai kemungkinan mengusung Sandiaga Uno sebagai Capres di Pilpres 2024

Perihal kemungkinan mengusung Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno sebagai Capres 2024 itu direspons Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani.

“Kami proses bottom up dari bawah ke atas, setiap kader (bebas) mengekspresikan masing-masing. Termasuk siapa sih capres-cawapres yang disukai,” tutur Arsul dalam program Gaspol! di YouTube Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Pilpres 2024: Komentar Fadli Zon Merespons Pernyataan Sandiaga Uno Siap Maju Capres

Tribun Jogja mengutip laporan kompas, Asrul Sani menyatakan bahwa semua kader diberi kebebasan untuk mengusulkan figur calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Usulan capres-cawapres yang disampaikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) sejauh ini cukup.

Mulai dari sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Arsul mengungkapkan pihaknya pun mempersilahkan masing-masing figur untuk berkomunikasi dengan kader PPP.

“Karena ini proses yang kami enggak bisa kemudian (mengatakan) ,’eh kalian diem ya itu (pengusungan capres-cawapres) kewenangan DPP,’ enggak begitu,” sebutnya.

Nantinya usulan berbagai kader wilayah dapat disampaikan dalam mekanisme Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas).

Tapi, Arsul mengingatkan, agar pengusulan itu disertai pertimbangan yang matang. Sebab, PPP tak bisa mengusung sendiri pasangan calon yang diinginkan.

“Saran kami teman-teman membuat alternatif-alternatif tidak boleh mengusulkan pada DPP hanya satu nama saja,” tandasnya.

Diketahui Sandiaga Uno sempat menyampaikan keinginannya untuk mengikuti Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan pasca Sandi mengunjungi politisi PPP di Yogyakarta, 30 Agustus 2022.

Keinginan Sandi mendapatkan resistensi dari petinggi Partai Gerindra seperti Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani dan Ketua Harian Sufmi Ahmad Dasco.

Secara garis besar keduanya menyampaikan ada konsekuensi yang harus diterima Sandi jika ngotot untuk mengikuti Pilpres 2024.

Pasalnya Partai Gerindra satu suara untuk mendukung Prabowo Subianto menjadi capres pada kontestasi elektoral mendatang.

(kompas)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/09/13/kata-ppp-soal-kemungkinan-usung-sandiaga-uno-di-pilpres-2024

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved