Ratu Elizabeth II Meninggal

Ini Isi Pidato Pertama Raja Charless III, Janji Melayani Rakyat Seumur Hidup

Dalam pidato pertama Raja Charles III, dia bersumpah untuk melayani rakyat Inggris dengan "kesetiaan, rasa hormat, dan cinta"

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
AFP PHOTO/DANIEL LEAL
Raja Inggris Charles III dan Camilla Inggris, Permaisuri menyambut orang banyak saat mereka tiba di Istana Buckingham di London, pada 9 September 2022, sehari setelah Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun. 

Tribunjoja.com - -Untuk pertama kalinya sejak naik tahta sepepinggal Ratu Elizabeth II, Raja Charles III berpidato di depan publik.

Dalam pidato dari Istana Buckingham pemimpin monarki yang baru ini menawarkan kata-kata penghiburan setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II.

Sebagaimana diketahui, setelah Ratu Elizabeth II meningggal, Pangeran Charles naik tahta menjadi Raja Charles III.

Pangeran Charles saat mengunjungi Leicester Market di Leicester, Inggris, pada 11 Februari 2020. Rabu (25/3/2020) pria berjuluk Prince of Wales ini dinyatakan positif mengidap virus corona.
Pangeran Charles yang saat ini menjadi Raja Charless III saat mengunjungi Leicester Market di Leicester, Inggris, pada 11 Februari 2020. Rabu (25/3/2020) pria berjuluk Prince of Wales ini dinyatakan positif mengidap virus corona. (NEIL HALL/EPA-EFE)

 

Dalam pidato pertama Raja Charles III, dia bersumpah untuk melayani rakyat Inggris dengan "kesetiaan, rasa hormat, dan cinta" selama pidato televisi pertamanya kepada bangsa.

Raja memberikan penghormatan kepadanya atas "cinta, kasih sayang, bimbingan, pengertian dan teladan"

"Ratu Elizabeth menjalani hidup dengan baik; sebuah janji dengan takdir yang ditepati dan dia sangat berduka atas kematiannya. Janji layanan seumur hidup itu saya perbarui kepada Anda semua hari ini," katanya.

"Sepanjang hidupnya, Yang Mulia Ratu - ibu saya tercinta - adalah inspirasi dan contoh bagi saya dan semua keluarga saya, dan kami berutang padanya hutang paling tulus yang dapat dimiliki setiap keluarga kepada ibu mereka."

Sebuah upacara peringatan untuk Ratu telah diadakan di Katedral St Paul, dengan 2.000 anggota masyarakat bergabung dengan politisi, termasuk perdana menteri, untuk menonton pidato Raja.

Berbicara dari Ruang Gambar Biru istana, tempat ibunya merekam beberapa pesan Natalnya, raja mendedikasikan sebagian pidatonya kepada bangsawan senior lainnya, termasuk istri dan anak-anaknya.

Tentang Camilla, sekarang Permaisuri Ratu, dia berkata: "Saya tahu dia akan memenuhi tuntutan peran barunya, pengabdian yang teguh pada tugas yang sangat saya andalkan."

Berbicara tentang putra sulungnya Pangeran William, yang sekarang menjadi Duke of Cornwall, Pangeran Wales dan pewaris takhta, Raja mengatakan dia akan "terus menginspirasi" bersama istrinya, Catherine.

Baca juga: PROFIL Pangeran Charles yang Bakal Jadi King Charles III Penerus Ratu Elizabeth II

Raja Charles III juga mengungkapkan cintanya kepada Duke dan Duchess of Sussex, Harry dan Meghan "saat mereka terus membangun kehidupan mereka di luar negeri", dalam apa yang bisa dianggap sebagai simbol upayanya untuk rekonsiliasi, di tengah masalah masa lalu dengan pasangan itu.

Saat ia memulai pemerintahannya, Raja Charles juga menetapkan perannya yang berubah. Dia mengatakan "tidak mungkin lagi" baginya untuk memberikan sebanyak "waktu dan energi untuk amal dan masalah" yang sangat ia pedulikan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved