Pilpres 2024

Hasil Survei SMRC Jika Pilpres Diikuti Ganjar, Anies dan Prabowo

Sedangkan jika Ganjar Pranowo tidak ikut dalam Pilpres, maka peluang Anies Baswedan untuk memenangi Pilpres cukup besar.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Grafis Tribunnews/Gilang Putranto
Ilustrasi Pilpres 2024. Nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo unggul dalam survei yang dilaksanakan oleh Litbang Kompas, Lembaga survei Lingkaran Suara Publik dan Lembaga Survei Jakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilaksanakan 5-13 Agustus 2022 menempatkan Ganjar Pranowo di posisi teratas disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam survei yang mensimulasikan Pilpres diikuti oleh Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, gubernur Jawa Tengah tersebut mendapatkan dukungan sebesar 44,6 persen.

Kemudian Prabowo Subianto mendapatkan dukungan 25 persen dan Anies Baswedan sebesar 21,7 persen.

Sementara responden yang tidak menjawab sebesar 8 persen.

Sedangkan jika Ganjar Pranowo tidak ikut dalam Pilpres, maka peluang Anies Baswedan untuk memenangi Pilpres cukup besar.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut, jika pemilihan presiden diadakan sekarang dan yang maju hanya dua calon, yakni Anies dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dengan asumsi semua pemilih tahu keduanya, maka perolehan suara keduanya bersaing ketat.

"Anies didukung 38 persen suara, bersaing ketat dengan Prabowo yang mendapatkan dukungan 41,5 persen," kata Deni dalam rilis surveinya seperti yang dikutip dari Kompas.com.

"Dukungan kepada kedua calon tersebut tetap tidak berbeda signifikan secara statistik sehingga tidak bisa disimpulkan siapa yang lebih unggul. Dan masih ada 20,4 persen yang belum tahu," jelasnya.

“Jika Anies menghadapi Prabowo dan Ganjar tidak ikut bersaing, maka peluang Anies menang atas Prabowo cukup terbuka. Namun jika Ganjar ikut bersaing, peluang Anies menang menjadi kecil,” lanjutnya.

Survei SMRC ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022.

Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) dengan 1.220 responden.

Sementara, response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.053 atau 86 persen.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar lebih kurang 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling). (*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved