Berita Kota Magelang Hari Ini

Akses Layanan Sanitasi dan Air Minum di Kota Magelang Tiap Tahunnya Alami Peningkatan 

Pemkot Magelang berkomitmen untuk lakukan percepatan akses layanan sanitasi yang aman dan persediaan air minum berkelanjutan bagi masyarakatnya.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemkot Magelang berkomitmen untuk lakukan percepatan akses layanan sanitasi yang aman dan persediaan air minum berkelanjutan bagi masyarakatnya.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengatakan, tahun 2015 akses layananan air minum di Kota Magelang baru mencapai 82,3 persen.

"Permasalahan yang dihadapi antara lain karena ketersediaan air baku yang terbatas dan debit air semakin menurun. Adapun sebagian besar sumber mata air berada di wilayah Kabupaten Magelang (5 dari 6 sumber air minum)," ujarnya pada Jumat (09/09/2022).

Kemudian, tingkat kehilangan air yang tinggi, yakni lebih dari 40 persen akibat dari jaringan yang sebagian besar sudah tua, bahkan beberapa diantaranya merupakan peninggalan Belanda.

Baca juga: Pemkot Magelang Siapkan Jaring Pengaman Sosial Sebesar Rp8 Miliar Imbas Kenaikan BBM

"Permasalahan air minum di Kota Magelang juga karena keterbatasan kemampuan masyarakat untuk mengakses, juga kontinuitas pasokan yang belum merata," paparnya.

Sedangkan akses layanan sanitasi pada tahun 2015 di Kota Magelang baru sebesar 87 persen, dengan permasalahan secara teknis dan non teknis.

Secara teknis karena keterbatasan lahan pembuatan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), topografi dan muka air tanah dan kesulitan aksesibilitas serta kerapatan bangunan-banguan di Kota Magelang.

"Secara non teknis, meliputi belum memadainya regulasi dan penegakan regulasi, kurangnya kesadaran masyarakat, keterbatasan kemampuan masyarakat terkait pendanaan," imbuhnya.

Namun mulai tahun 2021, akses layanan air minum meningkat menjadi 98,7 persen dan akses layanan sanitasi mencapai 98,15 persen. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved