Berita Bantul Hari Ini

TNI AL bersama Warga Masyarakat Bergotong Royong Membersihkan Pantai Samas Bantul

Ratusan personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama masyarakat melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Santo Ari
Personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama masyarakat melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 di Pantai Samas, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Ratusan personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama masyarakat melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 di Pantai Samas, Rabu (7/9/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut.

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KW/W) Damayanti menyebut dipilihnya Pantai Samas dalam Gerakan Nasional Laut Bersih ini lantaran Pantai Samas akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara oleh TNI AL.

Baca juga: Berharap Konflik di Pusat Segera Rampung, PPP Kota Yogyakarta : Akar Rumput Tetap Solid

Diharapkan melalui kegiatan ini, wisatawan yang datang ke Pantai Samas dapat menikmati suasana pantai yang hijau, bersih dari sampah dan nyaman untuk dikunjungi.  

"Harapan kita agar Pantai Samas ini kembali menggeliat dan menarik wisatawan untuk datang. Itu keinginan dari Lanal Yogyakarta," ujarnya.

Dalam Kampung Bahari Nusantara tidak saja menyangkut pariwisata namun juga ada ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan.

Bersama pemerintah kalurahan Srigading, pihaknya akan menanam komoditas pertanian mulai dari jagung, kedelai, cabai hingga komoditas pertanian lainnya.

Sementara untuk pelestarian lingkungan dengan penanaman bibit mangrove.
 
"Diharapkan saat dicanangkan Kampung Bahari Nusantara pada bulan Oktober 2022, Pantai Samas sudah siap," imbuhnya.

Adapun Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 ini dilakukan serentak di berbagai daerah dan merupakan instruksi langsung dari KASAL.

Selain itu, dalam memperingati HUT TNI AL, juga telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti donor darah, pembersihan karang gigi hingga sunatan massal.

Baca juga: Bupati Gunungkidul Minta Warganya Pahami Keputusan Naiknya Harga BBM Subsidi

Adapun dalam aksi bersih-bersih pantai kali ini juga melibatkan pelajar SMK Kelautan Yogyakarta, Sar Satlinmas Wilayah IV Bantul dan Kepolisian setempat.

Danlanal juga berharap adanya kerjasama dari seluruh pihak ini akan membuat Pantai Samas lebih bersih dan nyaman sehingga banyak wisatawan datang seperti saat masa jayanya di beberapa tahun silam.  

"Hari ini kita bersih pantai, nanti bisa dilihat apakah sudah ada perubahan atau belum. Kalau belum ada nanti akan kami kerjakan lagi," tandasnya. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved