BLT Subsidi Gaji: Persiapan Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id Sebelum Penyaluran BSU

Laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk sementara waktu tak bisa diakses.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
kemenaker.go.id
kemnaker.go.id 

Tribunjogja.com - Laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk sementara waktu tak bisa diakses.

Laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id ini sedang ditingkatkan kapasitasnya sehubungan dengan rencana penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022.

Untuk diketahui Adapun penyaluran BLT subsidi gaji akan dilakukan melalui Bank Himbara seperti Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan PT Pos Indonesia.

BLT subsidi gaji akan dicairkan pada bulan September ini, di mana masing-masing penerima memperoleh bantuan sebesar Rp 600.000.

Pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 9,6 triliun untuk program BLT subsidi gaji tahun ini, dengan sasaran sebanyak 16 juta pekerja.

Sebagai informasi, pengecekan penerima BLT subsidi gaji dapat dilakukan melalui laman BPJS Ketenagakerjaan, bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Terdapat beberapa syarat penerima BLT subsidi gaji, sebagai berikut:

  • Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli
  • Pekerja yang mempunyai gaji atau upah paling tinggi Rp 3,5 juta (pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, persyaratan ini menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh Perlu diketahui, bansos BLT subsidi gaji dikecualikan atau tidak diperuntukkan bagi pegawai negeri sipil (PNS), anggota Polri, dan anggota TNI.

Selain itu, pekerja atau buruh yang telah mendapatkan bantuan lain seperti Kartu Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BLUM) dan Program Keluarga Harapan (PKH), juga tidak akan memperoleh BLT subsidi gaji 2022.

BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan data tahap pertama calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan subsidi gaji 2022 kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Sebanyak 5.099.915 calon penerima BLT subsidi gaji akan dicek dan skrining serta pemadanan data sebelum penyaluran BSU 2022.

Pengecekan, skrining, dan pemdanan data diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved