Biodata dan Profil Abdullah Azwar Anas yang Hari Ini Dilantik Presiden Jokowi Jadi Menpan-RB

Calon Menpan RB Baru Abdullah Azwar Anas lahir di Banyuwangi pada 6 Agustus 1973. Sejak kecil dia dibesarkan di lingkungan pesantren.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Dok. LKPP
Abdullah Azwar Anas 

Tribunjogja.com - Presiden Joko Widodo hari ini akan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Rabu (7/9/2022).

Posisi Menpan-RB definitif sudah kosong selama lebih dari dua bulan setelah Tjahjo Kumolo wafat.

Pengganti Tjahjo Kumolo yang akan menjabat sebagai Menpan-RB adalah Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas.

Abdullah Azwar Anas bakal dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (7/9/2022).

Upacara pelantikan Azwar bakal dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pukul 13.30 WIB.

Azwar yang merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat rekan satu partai, Tjahjo Kumolo, yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu.

Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sebagai pelaksana tugas Menpan-RB selama posisi itu belum diisi.

Biodata dan Profil Abdullah Azwar Anas

Azwar lahir di Banyuwangi pada 6 Agustus 1973. Sejak kecil dia dibesarkan di lingkungan pesantren.

Saat kuliah, Azwar bahkan pernah menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

Ia juga sempat berkuliah di dua universtas berbeda dalam waktu yang bersamaan yaitu Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1994-1999) dan Fakultas Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta (1992-1998).

Lalu Azwar Anas menempuh pendidikan masternya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI pada 2002 dan lulus pada 2005.

Karier politik Azwar dimulai pada 1997. Saat itu dia menjadi anggota termuda Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari utusan golongan.

Azwar kemudian sempat bergabung menjadi anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001 dan menjabat Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PKB.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved