Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Halim: Pemkab Bantul Alokasikan 2 Persen DAU untuk Dana Kompensasi Masyarakat

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan, Pemkab Bantul mengalokasikan sekitar dua persen dari Dana Alokasi Umum untuk kompensasi pada masyarakat.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mengalokasikan sekitar dua persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat atas kenaikan harga-harga sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: Bupati Halim Siapkan Skema Bantuan Warga Bantul Akibat Naiknya Harga BBM

Baca juga: Bupati Halim Ingin Anak-anak Yatim Piatu di Bantul Bisa Hidup Sejahtera

"Dana Alokasi Umum ini kira-kira Rp1 triliun, jadi dua persennya harus dialokasikan untuk kompensasi kenaikan harga-harga, kompensasi atas inflasi," papar Bupati Abdul Halim Muslih, Selasa (6/9/2022).

Bupati Halim menyebutkan, dua persen dari DAU ada sekitar Rp20 miliar. Namun, pemkab melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Bantul akan melakukan penghitungan ulang untuk mengetahui angka pasti.

Dijelaskan Abdul Halim, jika dua persen dari DAU itu telah teralokasikan untuk program dan kegiatan fisik lainnya, maka akan dilakukan refocusing anggaran sama halnya yang pernah dilakukan ketika pandemi COVID-19.

"APBD sudah untuk belanja ini itu, termasuk jembatan jalan. Karena, ada perintah dari pusat untuk mengatasi dampak yang lebih besar, maka nanti dua persen akan kami refocusing," ujar Abdul Halim. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved