Berita Klaten Hari Ini

4 Laporan Polisi Warnai Seleksi Perangkat Desa di Klaten, 1 Pelapor Cabut Aduan

Empat laporan polisi mewarnai seleksi perangkat desa serentak yang dilakukan pada Agustus tahun 2022 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Kusmiyati (dua kiri), Kepala Desa Bogem (dua kanan) saat menunjukkan surat pencabutan laporan aduan dan perdamaian di Mapolres Klaten, Selasa (6/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Empat laporan polisi mewarnai seleksi perangkat desa serentak yang dilakukan pada Agustus tahun 2022 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Keempatnya sebagian besar mengadukan dugaan pemalsuan surat keputusan (SK) pengabdian sejumlah peserta seleksi perangkat desa yang dikeluarkan oleh kepala desa setempat.

"Seleksi perangkat desa di Klaten yang dilaporkan ke Satreskrim ada empat laporan," ujar Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Klaten, Iptu Eko Pujiyanto saat Tribunjogja.com temui di ruang kerjanya, Selasa (6/9/2022).

Menurut dia, empat laporan itu berasal dari peserta tes perangkat desa di Desa Bogem dan Desa Tegalrejo yang berada di Kecamatan Bayat.

Baca juga: Seleksi Perangkat Desa Diwarnai Protes dan Aksi Demo, Wabup Klaten: Ini Akan Jadi Bahan Evaluasi

Kemudian Desa Jebugan Kecamatan Klaten Utara dan Desa Kragilan Kecamatan Gantiwarno.

"Kalau yang lain sifatnya masih laporan informasi kepada kami, tapi mereka tidak mengadukan atau membuat laporan," jelasnya.

Diakui Eko, laporan yang dibuat hampir sama yakni mengenai dugaan pemalsuan SK Pengabdian yang dikeluarkan.

"Ini karena laporan masuk kita lakukan penyelidikan, kalau ada bukti yang cukup bisa dinaikkan jadi penyidikan," katanya.

Sementara itu, seorang peserta tes perangkat desa di Desa Bogem, Kecamatan Bayat, Kusmiyati (40) yang melaporkan dugaan pemalsuan SK pengabdian yang dikeluarkan kepala desa setempat mencabut laporan polisi yang ia buat.

Ia beralasan, memilih mencabut laporannya karena telah berdamai dengan kepala Desa Bogem.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved