Pertamina Boyong 175 Produk UMKM Binaan Ikuti Festival Tong Tong di Belanda

Festival Tong Tong merupakan gelaran Festival dengan senjata tari, musik, sastra, hingga kuliner Indonesia di Belanda. 

dok.Pertamina
Pertamina memboyong 175 produk terbaik mitra binaan dalam Festival Tong Tong 2022 di Den Haag, Belanda pada 1-11 September 2022 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani


TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pertamina memboyong 175 produk terbaik mitra binaan dalam Festival Tong Tong 2022 di Den Haag, Belanda.

Festival Tong Tong merupakan gelaran Festival dengan senjata tari, musik, sastra, hingga kuliner Indonesia di Belanda

VP CSR & SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan produk yang terpilih merupakan produk unggulan di pasar domestik, dan memiliki kualitas produk yang sesuai kebutuhan pasar global.

Selain kuliner, produk yang diboyong Pertamina adalah fesyen dan kerajinan. 

"Produk UMKM yang terpilih merupakan local champion di pasar domestik. Produk-produk tersebut sudah melalui kurasi ketat, tentunya memiliki cita rasa dan kualitas yang dibutuhkan pasar global," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (05/09/2022). 

Untuk fashion terdapat produk pakaian, sepatu dan tas ecoprint yang dicetak dari berbagai jenis tanaman dengan pewarnaan yang ramah lingkungan karya UMKM Iema dari Dumai dan UMKM Cetak Godhong dari Balikpapan.

Juga ada berbagai produk dari kain tradisional Indonesia yang merupakan produk UMKM Tenun Khatulistiwa asal Pontianak, UMKM Dela Tapis dari Lampung, UMKM Tenun Wan Atiqa dari Dumai, serta UMKM Kayuh Baimbai Sasirangan dan UMKM Waroeng Disabilitas Sasirangan asal Banjarmasin yang produknya merupakan karya 25 orang disabilitas : tunawicara, tunadaksa, dan tunagrahita.

Sedangkan makanan terdiri dari produk berbahan singkong dan nanas dari UMKM Dapur Bunda Duri, produk mie sagu khas Kepulauan Meranti Riau dari UMKM Misagu Boejang,  makanan berbahan pisang sehat tanpa gluten buatan UMKM De Harvest Jaya dari Sulawesi Utara dan produk jejamuan dari UMKM Bakul Jamu Euis asal Dumai.

Untuk kerajinan terdapat berbagai produk seni olah kain, logam, batu alam serta bahan alam lainnya yang merupakan karya UMKM Joglo Ayu Tenan dari Yogyakarta, UMKM Bahalap dari Kalimantan Timur dan UMKM Rezky Kreasi dari Dumai.

"Mengikutsertakan produk UMKM mitra binaan dalam pameran skala internasional di luar negeri merupakan salah satu bentuk dukungan program pembinaan tertinggi dari Pertamina agar produk-produk UMKM naik kelas menuju Go Global,”ujarnya. (*) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved