Berita Klaten Hari Ini

Harga BBM Naik, 120.290 Keluarga di Klaten Bakal Terima BLT Rp150 Ribu Per Bulan

Bantuan itu akan cair selama empat bulan dan artinya masing-masing KPM bakal menerima BLT BBM senilai Rp 600 ribu.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Plt Asisten II Bidang Perekonomian, Setda Klaten, Much Nasir, saat ditemui di Pemkab Klaten, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 120.290 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal menerima suguhan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) sebanyak Rp 150 ribu per bulan.

Bantuan itu akan cair selama empat bulan dan artinya masing-masing KPM bakal menerima BLT BBM senilai Rp600 ribu.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten 2 Bidang Perekonomian, Setda Klaten, Much Nasir mengatakan jika pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dan Dinas Sosial P3APPKB Klaten akan menyalurkan BLT BBM kepada 120.290 keluarga.

"Untuk tahap pertama akan cair bagi 88.926 keluarga di Klaten, adapun untuk tahap kedua menyasar 30.593 keluarga atau KPM dan tahap ketiga 771 keluarga," ujarnya saat TribunJogja.com temui di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (5/9/2022).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dissos P3APPKB) Kabupaten Klaten itu mengatakan masing-masing keluarga bakal menerima BLT BBM senilai Rp150 ribu.

"Jumlah bantuannya sebanyak Rp150 ribu dan cairnya selama empat bulan, September, Oktober, November dan Desember ini. BLT ini diterimakan sebanyak dua kali bagi KPM," jelasnya.

Menurutnya, penyaluran BLT BBM tahap pertama bagi 88.926 keluarga bakal mulai dicairkan pada Rabu (7/9/2022).

Adapun mekanisme pencairan bantuan itu melalui PT Pos Indonesia.

"Pemberiannya lewat komunitas desa dan sesuai dengan undangan yang dibuat PT Pos, tidak antri di PT Pos, tapi di kecamatan atau desa," ucapnya.

Ia mengatakan, sasaran penerima BLT BBM itu adalah keluarga miskin dan rentan miskin.

"Jumat kita sudah koordinasi dengan PT Pos terkait penyaluran, ini dengan adanya kenaikan BBM tentunya diharapkan bantuan bisa bermanfaat bagi warga terdampak," ucapnya.

Sementara itu, Pj Sekda Klaten, Jajang Prihono membenarkan mulai Rabu (7/9/2022) hingga Minggu (11/9/2022) akan dimulai pencairan BLT BBM bagi warga Klaten.

Nantinya bantuan senilai Rp150 ribu per bulan itu dicarikan dalam dua tahap.

"Nanti tahap pertama dapat Rp300 ribu, lalu tahap selanjutnya Rp300 ribu lagi. Intinya Rp150 ribu per bulan," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved