Pemkab Magelang Peringkat Pertama Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Jateng

Ruang lingkup penilaian kinerja adalah pelaksanaan aksi 1 sampai dengan aksi 8 tahun 2021 bagi 31 Kabupaten/Kota prioritas nasional

Dok.Istimewa
Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Magelang, M Taufiq Hidayat Yahya saat menerima penghargaan sebagai peringkat 1 dalam penilaian kinerja 8 Aksi Konvergensi penurunan Stunting di Jawa Tengahdi Hotel Prime Plaza Sanur, Selasa (30/8/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda dan Litbangda) telah meraih penghargaan sebagai peringkat 1 dalam penilaian kinerja 8 Aksi Konvergensi penurunan Stunting di Jawa Tengah, dengan nilai 48,25 Kategori cukup baik.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah pada Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi kepada Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Magelang, M Taufiq Hidayat Yahya, yang bertempat di Hotel Prime Plaza Sanur, beberapa waktu lalu.

Dalam rangka pembinaan dan evaluasi percepatan penurunan stunting di daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan Rapat Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting Terintegerasi Tahun 2022 bagi Kabupaten/Kota lokasi prioritas nasional dan 4 kota lokasi perintis di Provinsi Jawa Tengah. 

Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi stunting di Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2022 secara hybrid ini diikuti oleh 35 Pemerintah Kabupaten/Kota, Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Jawa Tengah, Tim Penilai, dan Tim Program  Local Government Capacity Building For Acceleration Of Stunting Reduction (LGCB-ASR) Regional 2.

"Penilaian kinerja ini dimaksudkan untuk meninjau kemajuan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting. Tujuan dilaksanakannya penilaian kinerja adalah dalam rangka memperbaiki perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi konvergensi penurunan stunting melalui intervensi gizi spesifik dan sensitif," terang, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Magelang, M Taufiq Hidayat Yahya, Minggu (04/09/2022).

Untuk diketahui adapun tahapan penilaian kinerjanya meliputi Review dokumen oleh Tim Teknis terhadap data dukung pelaksanaan aksi konvergensi yang telah diunggah pada web monitoring https://aksi.bangda.kemendagri.go.id

Kemudian penilaian oleh Tim Penilai terhadap pemaparan pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting di Kabupaten/Kota.

Ruang lingkup penilaian kinerja adalah pelaksanaan aksi 1 sampai dengan aksi 8 tahun 2021 bagi 31 Kabupaten/Kota prioritas nasional yang telah ditetapkan sejak tahun 2018/2019, 2020, dan 2021 serta 4 kota perintis di Jawa Tengah. 

"Kami berharap melalui penghargaan ini bisa menjadi pemicu semangat agar Kabupaten Magelang semakin berprestasi kedepannya, terutama dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Magelang,"tutup, Taufik. (*)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved