Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Halim Ingin Percepat Pembangunan di Tingkat Kalurahan dan Pedukuhan di Kabupaten Bantul

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, kalurahan merupakan tingkat pemerintahan penting, karena memiliki mandat luar biasa dari Undang-undang.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, kalurahan merupakan tingkat pemerintahan penting, karena memiliki mandat luar biasa dari Undang-undang dan negara.

Baca juga: Bupati Abdul Halim Sukses Wujudkan Padat Karya Sebagai Misi Ketiga Pemkab Bantul

Baca juga: Bupati Halim Jadikan Padat Karya Sebagai Pola Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Bantul

Karena itu, Pemkab Bantul telah menetapkan kebijakan agar kalurahan dalam melaksanakan pembangunan mendapat dukungan dana, sehingga tak hanya terpaku pada dana desa dan ADD (alokasi dana desa) dari pemerintah pusat.

“Namun, juga didukung pemerintah kabupaten melalui BKK (Bantuan Keuangan Khusus), P2MD (Program Pemberdayaan Masyarakat) dan P2BMP (Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masyarakat) sebesar Rp50 juta per desa, dan berbagai kegiatan OPD yang berlokasi di kalurahan,” kata Bupati Abdul Halim Muslih, Sabtu (3/9/2022).

Dengan program ini, lanjut Halim, pemerintah ingin mempercepat proses pembangunan di tingkat bawah. Bahkan, dalam anggaran APBD Bantul sebagian diberikan kepada kalurahan untuk mendukung pembangunan.

“Dulu, ini tak pernah terjadi, dan kami akan terus meningkatkan kemampuan keuangan kalurahan. Sebab, kami yakin kalurahan mampu mengandalkan program dan uang untuk membuatnya lebih besar,” kata Bupati Halim.

Bupati Bantul mengatakan, negara ingin segera meringankan dampak pandemi yang masih dirasakan, sehingga diperlukan kreativitas di tingkat pemerintah, khususnya di kelurahan, yang langsung bersentuhan dan berhadapan dengan masyarakat. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved