Berita Kota Magelang Hari Ini

Ratusan Orang Hadiri Peringatan Haul Syekh Subakir di Gunung Tidar Kota Magelang

Tujuan kegiatan Haul Syekh Subakir ini untuk mengenang dan mendoakan jasa Syekh Subakir, serta melanjutkan perjuangannya demi Kota Magelang

Dok.Humas Pemkot Magelang
Pelaksanaan Haul Syekh Subakir di Gunung Tidar, Kota Magelang, Jumat (02/09/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Peringatan Haul Syekh Subakir digelar oleh Pemkot Magelang di Kebun Raya Gunung Tidar, Jumat (2/9/2022).

Acara peringatan Haul Syekh Subakir dipimpin oleh Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur, dan diikuti oleh segenap jajarannya.

Hadir pula sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat dan para santri.

Kegiatan diisi dengan doa bersama dan khataman Alquran bersama-sama di area makam yang berada di atas Kebun Raya Gunung Tidar tersebut.

Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar, Yhan Noercahyo Wibowo, mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya sejak tahun 2018 pada bulan Safar. Tepatnya di pekan pertama dan hari Jumat.

"Haul dihadiri sekitar 150 orang, tidak hanya pejabat dan tokoh agama saja, tapi juga masyarakat sekitar Kelurahan Magersari. Acara memang masih sederhana, tapi tetap khidmat," ujarnya.

Wakil Wali Kota Magelang, M Mansyur, menjelaskan tujuan dilakukannya kegiatan Haul Syekh Subakir ini untuk mengenang dan mendoakan jasa Syekh Subakir, serta melanjutkan perjuangannya demi Kota Magelang yang sejahtera.

“Sebenarnya prinsipnya dengan Haul ini untuk mengenang jasa beliau dan mendoakan almarhum Syekh Subakir yang sudah berjuang di Magelang ini, kita pun punya semangat untuk meneruskan perjuangannya untuk Kota Magelang ini,” terangnya.

Mansyur berharap, Gunung Tidar dapat menjadi destinasi wisata yang lebih maju untuk masyarakat Magelang maupun luar Magelang, baik untuk wisata religi maupun wisata budaya.

“Harapannya ke depannya supaya masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya untuk mau berkunjung di Kota Magelang dengan wisata. Monggo mau wisata budaya, religi, yang penting bisa mengunjungi Gunung Tidar dengan volume wisatawan yang banyak," ungkap Mansyur. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved