Berita Bisnis Terkini

Kolaborasi dengan PT Freeport Indonesia, Telkomsel Hadirkan 5G Underground Smart Mining

Telkomsel berkolaborasi dengan PT Freeport Indonesia untuk menghadirkan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara.

istimewa
Telkomsel berkolaborasi dengan PT Freeport Indonesia untuk menghadirkan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Telkomsel berkolaborasi dengan PT Freeport Indonesia untuk menghadirkan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara.

Tujuannya untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia. 

Direktur Utama Telkomsel , Hendri Mulya Syam mengatakan saat ini Telkomsel melanjutkan komitmen untuk memperkuat ekosistem pemanfaatan teknologi 5G melalui kolaborasi dengan  PT Freeport Indonesia.

Ia meyakini, penerapan teknologi jaringan  5G akan semakin memberikan manfaat dan nilai lebih, terutama dalam mendukung transformasi sektor pertambangan, yang akan memperkuat kedaulatan digital bangsa melalui Revolusi Industri 4.0, baik itu melalui otomatisasi sektor pertambangan maupun peningkatan kapabiltas digital sumber daya manusia. 

Baca juga: UPDATE Harga Paket Data Internet Bulanan Telkomsel yang Gratis Langganan Disney+ Hotstar

"5G Underground Smart Mining juga dapat mendorong penerapan teknologi yang lebih ramah lingkungan, yang mana teknologi jaringan 5G dapat memungkinkan peralatan mampu beroperasi dengan emisi yang lebih sedikit, sehingga dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com , Jumat (02/09/2022). 

"Teknologi jaringan 5G juga dipercaya dapat memudahkan operasional di area sulit dijangkau. Sebagai jaringan berteknologi terkini, 5G dapat dioptimalkan untuk menjadi solusi dalam memastikan kelancaran operasional yang berada di situs terpencil dengan tantangan geografis dan konektivitas yang unik," sambungnya.

Sukses menjadi perusahaan telekomunikasi digital pertama di Indonesia yang menggelar jaringan dan layanan 5G di Indonesia, hingga kini Telkomsel telah menghadirkan layanan Hyper 5G di sejumlah wilayah yang berada di 39 kota di seluruh Indonesia, dengan dukungan 248 BTS 5G.

Sebelumnya, untuk pemanfaatan teknologi 5G di sektor industri dan korporasi, Telkomsel juga telah berkolaborasi dengan Schneider Electric di kota Batam untuk implementasi 5G Smart Manufacture, dan bersama PT Jababeka Infrastruktur (Jababeka) untuk penerapan Smart Industrial di Kawasan Jababeka, Jawa Barat.

“Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel terus berupaya lampaui batas untuk membuka peluang kolaborasi lebih luas dalam mengakselerasikan peta jalan transformasi digital para pelaku lintas sektor industri melalui pemanfaatan teknologi 5G yang lebih komprehensif. Sehingga transformasi digital yang dilakukan dapat juga semakin mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan,”lanjutnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved