Pembukaan Porda XVI dan Peparda III DIY Megah: Atraksi Kembang Api hingga Penampilan Band Kotak

Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DI Yogyakarta 2022 resmi dibuka. Upacara pembukaan ajang dua tahunan itu

TRIBUNJOGJA.COM/ Taufiq Syarifudin
Penyerahan piala bergilir Porda DIY dari Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X kepada Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto di Stadion Maguwoharjo, Kamis (1/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DI Yogyakarta 2022 resmi dibuka.

Upacara pembukaan ajang dua tahunan itu tersaji meriah dan megah di Stadion Maguwoharjo, Kamis (1/9/2022) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X membuka ajang olahraga multievent itu berpesan kepada seluruh atlet untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya. 

Baca juga: Putri Candrawathi Belum Ditahan Meski Sudah Jadi Tersangka, Begini Kata Pakar Hukum

Porda dan Peparda tahun itu tentunya menjadi pentas untuk melihat langsung jerih payah atlet yang selama ini telah berlatih.

Kemudian harapannya seluruh atlet yang tampil dapat terus berkembang demi bertandingan di level yang lebih tinggi lagi.

"Momentum Porda dan Peparda selain sebagai ajang para atlet untuk mengukir prestasi, sejatinya merupakan parameter keberhasilan daerah dengan aspek pembinaan. Sportifitas adalah roh pada olahraga. Dukungan moral saling memperkuat motivasi dan memelihara kebersamaan akan pondasi untuk meraih prestasi," kata KGPAA Paku Alam X.

Setelah resmi membuka Porda XVI dan Peparda III DIY 2022, tropi juara umum baik Porda maupun Peparda DIY dikembalikan kepada penyelenggara yakni KONI DIY dan NPC DIY untuk kembali diperebutkan. 

Dalam agenda pembukaan itu, menampilkan 250 penari yang mempertunjukkan tarian khas dari lima kabupaten/kota peserta. Kemudian dilanjutkan dengan defile kontingen yang disambut dengan tepuk tangan meriah.
 
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Djoko Pekik Irianto dalam sambutannya menerangkan Porda XVI DIY mempertandingkan 44 cabang olahraga (cabor) memperebutkan 494 medali emas.  

Pihaknya berharap, netralitas dan sportifitas dikedepankan dalam pelaksanaan seluruh pertandingan Porda XVI dan Peparda III DIY sehingga capaian maksimal diraih para atlet yang nantinya diharapkan mampu mengharumkan DIY pada kejuaraan di level nasional.

"Porda XVI dan Peparda III menjadi pundi event sebagai wadah orang berprestasi para atlet Daerah Istimewa Yogyakarta,  yang digelar setiap dua tahun. Bertujuan untuk mencari atlet berpotensial untuk dipersiapkan ke berbagai event nasional termasuk PON ke-21 dan Peparnas ke-17 tahun 2024 di Aceh dan Sumatra Utara. Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 Mengangkat tema wijo yoso prestasi  Nyawiji Yasa Prestasi dengan maskot Si Elja (Elang Jawa) sebagai ciri Kabupaten Sleman," kata Djoko.

 Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap seluruh agenda Porda dan Peparda di Kabupaten Sleman selaku tuan rumah berjalan dengan lancar.

Menghasilkan atlet-atlet terbaik yang dapat menjadi andalan di event yang lebih besar.
 
"Dari seluruh cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Hanya tiga cabor yang dipertandingkan di luar Sleman yakni dayung, aerosport dan sepatu roda," tegas Kustini Sri Purnomo.
 
Kabupaten Sleman serius menyambut tamu dari kontingen kabupaten/kota lain dengan persiapan venue, acara, emergency plan dan persiapan keamanan dalam penyelenggaraan.

Baca juga: Beda Nasib dengan Putri Candrawathi, Ini Daftar Nama Ibu yang Tetap Dipenjara Meski Punya Anak Kecil

Kustini menambahkan kejuaraan ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi dimana penyelenggaraan Porda dan Peparda menjadi momentum menggeliatkan ekonomi masyarakat. Pemkab Sleman pelaku pariwisata, UMKM dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi.

Sebelum ditutup, penyalaan api Porda dan Peparda DIY dilakukan legenda bulutangkis, Finarsih bersama sejumlah penari cilik disambut atraksi pesta kembang api. 

Suguhan mewah opening ceremony ditutup penampilan Band Kotak yang menghentak panggung utama. Atlet dan ofisial pun langsung mendekat panggung untuk memeriahkan penampilan puncak pembukaan Porda dan Peparda DIY 2022. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved