KPU Bantul Masih Verifikasi Administrasi Persyaratan Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU Bantul saat ini masih melaksanakan kegiatan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan untuk Parpol calon peserta Pemilu 2024.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
KPU Bantul saat ini masih melaksanakan kegiatan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan untuk Parpol calon peserta Pemilu 2024. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - KPU Bantul saat ini masih melaksanakan kegiatan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan untuk Parpol calon peserta Pemilu 2024.

Ketua Divisi Teknis KPU Bantul, Joko Santosa menjelaskan bahwa kegiatan verifikasi administrasi dokumen keanggotaan ini berlangsung sejak tanggal 16 Agustus sampai dengan tanggal 6 September mendatang.

KPU Bantul melakukan verifikasi administrasi keanggotaan terhadap 24 partai politik yang telah mendaftar di KPU RI.

Lebih lanjut disampaikan bahwa proses verifikasi ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi sistem informasi partai politik (Sipol) sehingga dalam verifikasi ini semua berkas sudah diaplot dalam Sipol oleh partai politik dan selanjutnya dilakukan pencermatan oleh petugas KPU Bantul.

Adapun pencermatan atau verifikasi yang dilakukan meliputi kesesuaian antara daftar nama yang diinput di Sipol dengan KTA serta KTP-El yang dilampirkan, dugaan keanggotaan ganda antar partai politik, dugaan keanggotaan yang tidak memenuhi syarat karena status pekerjaan atau usia, serta NIK yang belum terdaftar dalam data daftar pemilih berkelanjutan.

Selanjutnya hasil verifikasi administrasi ini terutama untuk yang berpotensi ganda antar partai atau berpotensi tidak memenuhi syarat karena pekerjaan atau usia disampaikan ke parpol melalui Sipol.

Parpol yang bersangkutan kemudian akan menindaklanjuti hasil temuan verifikasi administrasi dengan melengkap surat pernyataan dari anggota parpol sesuai yang dibutuhkan.

Joko menegaskan bahwa nantinya KPU Bantul juga akan melakukan klarifikasi secara langsung apabila ada lebih dari satu parpol yang bisa menyampaikan surat pernyataan.

Proses klarifikasi ini akan dilakukan secara langsung dengan cara mengundang di Kantor KPU Bantul pada tanggal 4-5 September 2022.

KPU Bantul selanjutnya akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi dokumen persyarataan keanggotaan ke KPU DIY pada tanggal 7-8 September 2022.

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menerangkan bahwa sesuai Keputusan KPU nomor 258 Tahun 2022 maka untuk batas minimal dukungaan keanggotaan parpol di Bantul sebanyak 956 anggota.

Selain itu keanggotaan tersebut harus tersebar di minimal 9 kapanewon yang ada di Bantul. (rls)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved