Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Ini Pesan Bupati Abdul Halim Atas Gelaran Pasar Lawas Mataram Jagalan Bantul

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan pesan atas penyelenggaraan Pasar Lawas Mataram di Kalurahan Jagalan Banguntapan Bantul.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/AGUS WAHYU
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih foto bersama panitia dan pengisi acara, yang merupakan warga Kalurahan Jagalan Banguntapan, Bantul, seusai pembukaan Pasar Lawas Mataram Kotagede, Jumat (26/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pasar Lawas Mataram Kotagede yang diadakan masyarakat Kalurahan Jagalan, Kapanewon Banguntapan, Bantul bersama pamong desa Jagalan memang telah usai digelar akhir pekan lalu. Namun, ada catatan pesan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih atas penyelenggaraan even akbar tersebut.

Baca juga: Bupati Abdul Halim Kunjungi Pasar Lawas Mataram untuk Dukung Pelestarian Budaya

Baca juga: Bupati Bantul Abdul Halim Apresiasi Kerukunan Warga Dusun Singosaren Imogiri

Abdul Halim Muslih mengatakan, di tengah perang budaya masa kini, kreativitas semacam even Pasar Lawas Mataram ini diperlukan generasi muda yang memiliki identitas kebudayaan yang kuat.

“Oleh karenanya, usaha-usaha seperti ini ini akan berdampak positif dan bermanfaat bagi kita, agar kita tetap menjadi orang Jogja. Kita tetap menjadi manusia-manusia Ngayogyakarto, bukan berubah menjadi orang Amerika, bukan menjadi orang Arab, tidak menjadi orang China. Tapi, tetap menjadi warga Yogyakarta, warga negara kesatuan Republik Indonesia,” tandas Halim.

halim pasarlawas
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat berkeliling melihat lapak-lapak pedagang Pasar Lawas Mataram Kotagede Jagalan Banguntapan Bantul, Jumat (26/8/2022).

“Tentu ini menjadi PR besar bagi kita. Ke depan usaha-usaha untuk nguri-uri budaya semacam ini harus terus dilakukan, baik melalui fasilitas dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Bantul, maupun Kelurahan Jagalan, serta partisipasi masyarakat,” sambung Bupati Bantul.

Bupati Halim pun mengaku terharus menyaksikan anak-anak muda Jagalan atas kekompakannya mengelar even Pasar Lawas Mataram, yang telah diadakan untuk kali ketiga itu.

“Jujur, Saya terharu melihat anak-anak kita, generasi muda kita, para pengisi acara yang malam ini, dimana dengan gagah berani tetap berdiri tegak menunjukkan identitas sesungguhnya, identitas kebudayaan Ngayogyakarta,” ucap orang nomor satu di Kabupaten Bantul ini. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved