Penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III di Sleman Usung 3 Success

Penyelenggaraan Porda XVI DI Yogyakarta dan Peparda III DIY 2022 dengan tuan ruma Kabupaten Sleman mengusung target target three success.

TRIBUNJOGJA.COM/ Taufiq Syarifudin
Suasana jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Penyelenggaraan Porda XVI DI Yogyakarta dan Peparda III DIY 2022 dengan tuan ruma Kabupaten Sleman mengusung target target three success.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengungkapkan dengan target itu kesuksesan ajang dua tahunan ini diharapkan tidak hanya berkontribusi dari sisi prestasi atlet yang bertanding dan berlomba.

"Kita ingin penyelenggaraan ini, sukses prestasinya dan sukses membangkitkan ekonomi. Karena Porda dan Peparda ini tidak sekedar event olahraga, tetapi juga pesta rakyat, sehingga seluruh masyarakat Sleman juga harus bisa berpartisipasi," kata Kustini dalam jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Puluhan Pengguna Kereta Api Batalkan Tiket Karena Belum Vaksin Booster

Untuk itu Kustini berharap seluruh masyarakat DIY khususnya Sleman dalam turut memeriahkan pergelaran Porda dan Peparda DIY 2022, mulai dari pembukaan yang akan digelar, Kamis (1/9/2022) besok, hingga penutupan, tanggal 9 September mendatang.

Dalam acara pembukaannya nanti akan diisi oleh penampilan grup band lokal Rhu Band dan artis papan atas Citra Scholastika. Kemudian dilanjutAcara utama pada pukul 19.00 WIB dimulai dengan barisan defile atlet PORDA dan PEPARDA yang memasuki stadion.

Lalu dilanjutkan penampilan 250 penari yang membawakan tarian khas dari lima kabupaten/kota, di antaranya Sleman, Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan Kota Yogyakarta.

"Karena acara ini bukan hanya untuk kontingen, dan tamu undangan, tetapi untuk seluruh masyarakat Sleman sebagai tuan rumah. Semoga dengan kedatangan masyarakat ke sini bisa ikut melaris bazar UMKM. Di sini sudah ada UMKM yang ikut memeriahkan dari 17 kapanewon, mulai dari makanan dan minuman khas hingga cinderamata," ujar Kustini.

Sebagai informasi, pembukaan sekaligus penyerahan piala bergilir Porda dan Peparda dilakukan langsung oleh wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X.

Terakhir, prosesi penyalaan Obor api Merapi sebagai lambang semangat bagi seluruh atlet yang bertanding sekaligus pertanda ajang olahraga multievent ini telah resmi dibuka.

Sementara itu pihak Ketua Penyelenggara, Pramana mengatakan gelaran Porda dan Peparda DIY di Kabupaten Sleman tahun adalah termegah dalam 15 penyelenggaraan sebelumnya.

"Kami dari penyelenggara haturkan terimakasih atas suport luar biasa ini. Selain itu kita juga berharap ajang kali ini kualitas peserta meningkat, berikutnya hasil pertandingan itu sendiri," ujarnya.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Jogja yang Cocok untuk Kamu yang Gemar Jalan-jalan di Malam Hari!

Pada kesempatan yang sama, Ketua NPC DIY selaku penyelenggara Peparda DIY turut menghaturkan terimakasih kepada Pemkab Sleman karena semua akses untuk atlet maupun tamu difabel yang disediakan di setiap venue dan Stadion Maguwoharjo sangat mendukung.

"Kepada seluruh masyarakat DIY mohon bisa turut memeriahkan. Selurut atlet difabel yang tampil tahun ini punya hak sama. Ajang ini memang sempat mundur, alhamdulillah tahun ini bisa terlaksana. Tentu saja bagi kita ajang ini sudah didambakan sejak lama. Event ini juga sebagai persiapan Peparnas tahun 2024 mendatang," kata Hariyanto.(tsf)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved