Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Abdul Halim Pastikan Akan Naikkan Retribusi Pariwisata yang Dikelola Pemkab Bantul

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memastikan adanya kenaikan retribusi di objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul.

Penulis: Santo Ari | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memastikan adanya kenaikan retribusi di objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul. Rencananya tarif retribusi yang semula Rp10 ribu akan dinaikkan menjadi Rp15 ribu per orang.

Baca juga: Bupati Abdul Halim Kunjungi Pasar Lawas Mataram untuk Dukung Pelestarian Budaya

Baca juga: Bupati Abdul Halim Ingatkan Perangkat Daerah di Bantul Harus Berinovasi

Abdul Halim Muslih mengatakan, bahwa kenaikan retribusi ini untuk meningkatkan PAD dan menyesuaikan biaya operasional yang dibutuhkan. Menurut Bupati Halim, sejak puluhan tahun lalu, tarif masuk ke kawasan Pantai Parangtritis Rp10 ribu. Padahal, kebutuhan operasional terus mengalami peningkatan.

"Maka, kita akan mencari titik maksimal. Kalau Rp10 ribu ini belum maksimal dan operasional kita kedodoran terus. Apa boleh buat harus naik (tarif retribusi)," ujar Abdul Halim, Selasa (30/8/2022).

Bupati Bantul berharap, kenaikan retribusi ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata.

“Jika PAD meningkat, hasilnya juga akan kembali ke warga masyarakat. Dengan peningkatan PAD ini, maka kemampuan pembangunan di Kabupaten Bantul juga akan lebih besar,” ucap Bupati Abdul Halim.

Meski begitu, orang nomor satu di Kabupaten Bantul ini mengaku, masih mempertimbangkan kenaikan retribusi tersebut, apakah akan memengaruhi kunjungan wisata atau tidak.

“Namun dari kajian itu, beberapa pihak menilai kenaikan retribusi tidak mempengaruhi kunjungan wisata ke Bantul khususnya kawasan Pantai Parangtritis,” lanjut Bupati Abdul Halim. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved