Tips Kesehatan

WASPADA DIABETES! Inilah Tanda-tanda Kadar Gula Darah Anda Tinggi

tidak sedikit orang tidak menyadari kadar gula darahnya tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat dilihat dari tanda-tanda

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
diabetes.co.uk
Ilustrasi kadar gula dalam darah 

TRIBUNJOGJA.COM - Kadar gula darah bisa melonjak tinggi tanpa Anda sadari, bahkan jika pun Anda merupakan seorang yang menderita Diabetes Mellitus (DM)

Jika demikian, potensi terserang penyakit jantung dan stroke hingga kebutaan pun tinggi. Risiko tersebut bisa mengancam seseorang yang tidak segera menangani kondisi kadar gula darah tinggi.

Yang menjadi masalah, tidak sedikit orang tidak menyadari kadar gula darahnya tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat dilihat dari tanda-tanda yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Berikut lima tanda-tanda kadar gula darah tinggi versi laman Eat This, Not That! dikutip Tribun Jogja via kompas.com:

1. Lelah setelah makan

Merasa lelah --terutama setelah makan-- bisa menjadi tanda kadar gula darah tinggi, menurut Deena Adimoolam, MD, asisten profesor endokrinologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai.

"Pasien mengatakan 'saya ingin tidur siang setelah makan siang,' atau 'saya tidak bisa membuka mata setelah makan malam'," tutur dia.

2. Terus menerus buang air kecil

Terus-menerus pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil termasuk pertanda kadar gula darah kita tinggi.

"Ginjal berusaha mengeluarkan lebih banyak gula untuk dibuang. Saat ginjal membuang gula, ginjal juga membuang air," jelas Adimoolam.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved