Pelaksanaan Tes Perangkat Desa di Klaten Diwarnai Laporan ke Polisi

Pelaksanaan tes calon perangkat desa serentak tahun 2022 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diwarnai aksi lapor ke pihak kepolisian.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
KBO Sat Reskrim Polres Klaten, Iptu Eko Pujiyanto saat ditemui di Mapolres Klaten, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pelaksanaan tes calon perangkat desa serentak tahun 2022 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diwarnai aksi lapor ke pihak kepolisian.

Sejauh ini, Polres Klaten telah menerima satu laporan terkait dugaan pemalsuan surat keputusan (SK) pengabdian yang dikeluarkan satu kepala desa di wilayah Kecamatan Bayat.

Di dalam peraturan bupati (Perbup) Klaten Nomor 30 Tahun 2022 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, SK pengabdian desa menjadi salah satu bobot penilaian tambahan bagi peserta untuk mendulang poin.

Baca juga: FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 Sukses Digelar, Potensi DIY Jadi Tuan Rumah Lagi

SK pengabdian desa ini dibanderol dengan nilai 15 poin. SK itu dikeluarkan oleh kepala desa (kades) bagi calon perangkat desa yang telah melakukan pengabdian bagi desanya.

Selain pengabdian desa, pada tes calon perangkat desa juga terdapat asesmen sosial kultural yang memiliki nilai maksimal 40 poin.

Sedangkan untuk ujian tertulis memiliki nilai maksimal 35 poin dan untuk tes praktik komputer memiliki nilai maksimal 25 poin.

Sehingga, setiap calon perangkat desa berkesempatan memiliki nilai maksimal 115 poin.

"Baru satu yang melapor, itu desa di daerah Kecamatan Bayat yang melapor seorang peserta tes, dugaannya SK pengabdian palsu," ujar Kaur Bin Ops, Satreskrim Polres Klaten, Iptu Eko Pujiyanto saat dihubungi, Senin (29/8/2022).

Menurut Iptu Eko Pujiyanto, laporan itu masuk ke Polres Klaten pada Minggu (28/8/2022). Setelah mendapati laporan itu pihaknya bakal melakukan penyelidikan terkait laporan dari seorang peserta tes tersebut.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan secara umum pelaksanaan tes calon perangkat desa yang telah rampung dilakukan pada pekan lalu berjalan kondusif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved