Breaking News:

Tol Yogyakarta Solo

Ganti Kerugian Tanah Kas Desa Kena Terjang Tol di Klaten Segera Cair, BPN Siapkan Rp 800 Miliar

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten menyebut telah menyiapkan dana talangan Rp800 miliar untuk melakukan pembayaran ganti kerugian.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Seorang pengendara sepeda motor melintas di dekat pengerjaan proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di Desa Kadirejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pembayaran uang ganti kerugian (UGK) bagi tanah kas desa (TKD) yang terdampak Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten bakal segera dicairkan.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten menyebut telah menyiapkan dana talangan Rp800 miliar untuk melakukan pembayaran ganti kerugian.

"TKD, insyaallah nanti sebagian pembayaran ganti kerugian ditalangi dengan dana talangan," ujar Kasi Pengadaan Tanah, BPN Klaten, Sulistiyono pada TribunJogja.com ditemui di Kecamatan Ngawen, Kamis (25/8/2022).

Ia menjelaskan, beberapa tanah kas desa yang direncanakan dibayar dengan dana talangan itu akan dilakukan bagi daerah yang berada di wilayah timur.

Hal itu guna mempercepat pengerjaan fisik jalan Tol Yogyakarta-Solo untuk seksi 1 tersebut.

"Jadi ini untuk mempercepat proyek fisiknya segera dilaksanakan dan kita usulkan bagi yang sudah siap (administrasinya) sebagian kita talangi dengan dana talangan," ulasnya.

Diakui Sulis, saat ini pihaknya telah mengantongi dana talangan sebesar Rp800 miliar untuk membebaskan tanah kas desa yang kena Tol Yogyakarta-Solo di Klaten.

"Insya Allah dana talangan ini cukup karena kemarin ada sekitar Rp 800 miliar," akunya.

Ia mencontohkan wilayah yang direncanakan mendapat ganti kerugian tanah kas desa dengan dana talangan yakni seperti beberapa desa di Kecamatan Polanharjo.

"Kalau bidangnya nanti yang ditalangi di Kecamatan Polanharjo seperti Desa Kauman karena ini kan sudah lama, hampir setahun nggak cair-cair," ulasnya.

Ia berharap pelepasan hak tanah milik warga maupun tanah kas desa yang terdampak Tol Yogyakarta-Solo di daerah Klaten berjalan lancar hingga akhir tahun 2022 ini. (*/)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved