Bengkel Rumahan 863 Garage, Bikin Replika Supercar Shelby Cobra

Diawali hobi masa kecilnya menggambar dan mengumpulkan model skala dari pelbagai merk mainan seperti matchbox, hotwheels sampai Bburago dan Jada Toys,

TRIBUNJOGJA.COM/ Hanif Suryo
Replika Shelby Cobra garapan 863 Garage. 

TRIBUNJOGJA.COM - Diawali hobi masa kecilnya menggambar dan mengumpulkan model skala dari pelbagai merk mainan seperti matchbox, hotwheels sampai Bburago dan Jada Toys, timbul ketertarikan Ade Baharuddin terhadap satu supercar lawas yakni Shelby Cobra 427 lansiran 1965.

Diakui pemuda asli Semarang Jawa Tengah ini, ketertarikannya terhadap supercar bukannya makin berkurang saat beranjak dewasa.

ebaliknya ia mengaku makin tergila-gila, terobsesi memiliki mobil rancangan pembalap legendaris Inggris, Carroll Shelby dengan bantuan dari Ford Motor Company, Amerika Serikat tersebut.

Ketertarikan Ade bukan hanya karena Shelby Cobra memiliki desain yang sporty, lebih dari itu, secara historis mobil ini juga punya sejarah panjang dari sisi pembuatan maupun keikutsertaan di berbagai ajang balap dunia pada zamannya.

Baca juga: Link Live Streaming PSS Sleman Vs Persebaya Surabaya Malam Ini Kickoff Pukul 20.30 WIB

Akan tetapi, sadar Shelby Cobra harganya terlampau tinggi sekira 5,5 juta US dolar atau setara Rp 79 miliar lantaran merupakan mobil yang cukup langka, Ade memutar otak untuk mewujudkan mimpinya memiliki kendaraan roda empat impiannya.

impi tersebut coba ia wujudkan sejak 2015 silam, di bengkel rumahan milik sang ayah, 863 Garage di Semarang, Jawa Tengah.

"Lantaran harga mobil aslinya tak lagi dapat dijangkau, terlampau mahal hingga puluhan miliar, akhirnya 2015 lalu coba kita bikin sendiri bermodal blueprint yang mudah didapatkan dari internet dan diecast atau mainan atau model yang dianggap detail (desainnya), yang lantas diperbesar skalanya," terang Ade kepada Tribun Jogja beberapa waktu lalu.

Butuh waktu sekira 7 tahun lamanya bagi Ade untuk membuat replika mobil impiannya.

Tak instan dan butuh proses yang cukup panjang, sebab ia lebih dulu mewujudkan Shelby Cobra miliknya dalam wujud prototype, contoh atau model awal yang diciptakan.

Untuk prototype replika supercar ini, Ade melakukan sejumlah ubahan meliputi pemotongan sasis agar dimensinya sesuai, serta pembuatan body berbahan fiber.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved