ISI Yogyakarta Gelar PKKMB untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan

TRIBUNJOGJA.COM/ Hanif Suryo
Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ISI Yogyakarta tahun 2022. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Tahun ini, untuk pertama kalinya di masa pandemi Covid-19, ISI Yogyakarta kembali menggelar PKKMB secara luring.

Rektor ISI Yogyakarta Dr. M. Agus Burhan, M.Hum mengatakan, PKKMB ISI Yogyakarta 2022 mengusung tema 'Keunggulan Seni untuk Recovery Kehidupan'.

Tema tersebut berangkat dari ISI Yogyakarta yang mencoba merespons dari kondisi pemulihan Covid-19 baik di ranah nasional maupun global.

Baca juga: Daftar Lima Jenderal yang Pimpin Sidang Etik Irjen Ferdy Sambo

Lewat pendekatan seni, ISI Yogyakarta mencoba membantu pemulihan kehidupan pascapandemi Covid-19.

Agus Burhan menerangkan bahwa seni bisa dipakai untuk menjadi alat pemberdayaan dalam pemulihan masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19. Untuk itu, lanjut Agus Burhan, seni harus bisa bertransformasi.

"Dalam hal ini kreatifitas mahasiswa diharapkan juga bisa melahirkan kegiatan yang bermakna dalam pemulihan kehidupan pascapandemi menuju endemi, dan diharapkan menjadi kegiatan akademi yang normal," kata Agus Burhan.

Adapun rangkaian PKKMB ISI Yogyakarta diawali Sidang Senat Terbuka dan kuliah perdana oleh Prof. Drs. Triyono Bramantyo, PS., M.Ed., PhD pada Rabu (24/8/2022) kemarin.

Pada Kamis (25/8/2022), kegiatan PKKMB ISI Yogyakarta diawali keseruan senam pagi yang diikuti 1362 mahasiswa baru. Mereka mengenakan kaus berwarna merah muda, dipadukan beraneka kain tradisional yang melingkar di pinggang, bergoyang bersama mengikuti alunan musik.

Selanjutnya, mahasiswa baru ISI Yogyakarta akan diajak mengenal kampus barunya serta fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya.

Baca juga: Ini 10 Rekomendasi Wisata Kuliner Jogja Legendaris yang Wajib Dicoba

"PKKMB ini sebuah proses yang penting karena akan ada orientasi mahasiswa baru pada kampus barunya, sehingga kami bisa memberikan informasi perihal tradisi akademik yang berbeda dengan SMA atau SMK mereka sebelumnya," kata Agus Burhan.

"Di samping itu, kami juga memberikan informasi kepada mereka perihal fasilitas-fasilitas yang ada di ISI Yogyakarta seperti ruang kuliah, laboratorium, studio, tempat praktek, serta kegiatan UKM yang semuanya mendukung proses perkuliahan. Mereka (mahasiswa baru) juga diharapkan juga bisa berinteraksi, berkolaborasi, dan bekerjasama dengan senior senior mereka di kampus, maupun dengan mahasiswa antar jurusan atau prodi. Jadi ini proses atau tahapan bagi mahasiswa baru yang sangat penting," lanjutnya.

"Ada juga pembekalan dari Polda DIY, perihal pencegahan narkoba dan anti radikalisme. Mahasiswa baru juga akan dibekali materi dari Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan," pungkasnya. (Han)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved