Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Abdul Halim Ingatkan Perangkat Daerah di Bantul Harus Berinovasi

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengingatkan, betapa inovasi yang dilahirkan perangkat daerah berpengaruh atas capaian efektivitas pekerjaan.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memberi pengarahan saat Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Inovasi dan Entry Innovative Government Award (IGA) 2022 di Gedung Mandala Sabha Pemkab Bantul, Selasa (22/2/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih tak lelah mengingatkan, betapa inovasi yang dilahirkan perangkat daerah berpengaruh terhadap capaian efektivitas pekerjaan.

Baca juga: Bupati Halim Siap Pangkas Regulasi dan Birokrasi Demi Tarik Investasi di Bantul

Baca juga: Bupati Halim Ekosistem Ekonomi Kreatif di Bantul Harus Dikuatkan

“Birokrasi bisa berjalan baik sesuai harapan masyarakat, apabila diarahkan menuju birokrasi yang efektif dan efisien. Satu di antaranya dengan melahirkan inovasi yang mampu mendorong capaian efektivitas sehingga lebih bersih dan bisa menghadirkan pelayanan prima,” ucap Abdul Halim Muslih, saat Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Inovasi dan Entry Innovative Government Award (IGA) 2022 di Gedung Mandala Sabha Pemkab Bantul, Selasa (22/2/2022).

Bupati Abdul Halim menyatakan, hal itu menjadi bagian tak terpisahkan dari misi pertama Kabupaten Bantul tentang penguatan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, akuntabel dan menghadirkan pelayanan publik prima.

Karenanya, seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bantul didorong untuk menciptakan inovasi tiap tahun.

Abdul Halim juga meminta seluruh perangkat daerah agar menjaga dan meningkatkan komitmen untuk menerapkan inovasi di seluruh struktur pemerintahan.

“Baik di instansi kedinasan, badan, puskesmas, hingga kapanewon. Sebab, hingga saat ini, inovasi yang diciptakan tiap perangkat daerah dipandang sebagai optimalisasi menuju good governance atau tata laksana pemerintahan yang baik,” lontar Bupati Halim.

Meski diminta untuk terus melahirkan inovasi tiap tahun, Halim juga berpesan agar tidak sembarang menciptakan dan menerapkan.

“Jangan sampai inovasi yang diciptakan justru tidak memecah masalah yang ditemui di perangkat daerah. Karena itulah, inovasi harus dipikirkan bersama dan melibatkan seluruh pihak di masing-masing daerah,” lanjut Bupati Bantul.

“Inovasi yang telah diciptakan pun akan terus dipantau dan dicek kematangan serta penerapannya. Apabila indeks inovasi daerah meningkat, maka daya saing daerah meningkat, sehingga kepercayaan publik dan mitra daerah juga meningkat,” sambungnya. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved