Breaking News:

145 Desainer dan 72 Model Ramaikan Jogja Fashion Week 2022

Gelaran Jogja Fashion Week (JFW) ke-16 2022 melibatkan 145 desainer dari Indonesia dan 72 model show utama.

Penulis: IJS | Editor: APS
TRIBUNJOGJA.COM/ Neti Rukmana
Penutupan Jogja Fashion Week 2022 'Panca Kartika' di Sleman City Hall, Minggu (21/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM – Gelaran Jogja Fashion Week (JFW) ke-16 2022 membuka gelaran Grebek UMKM 2022 yang digelar Bank Indonesia di Kamala Ballroom, Sleman City Hall, Jumat (19/8/2022).

Project Director Jogja Fashion Week 2022 Afif Syakur mengatakan, JFW kali ini melibatkan 145 desainer dari Indonesia dan 72 model show utama.

“Kami selalu mengusung produk berbasis budaya dan unggul. JFW kali ini untuk memajukan dunia fesyen dari Jogja untuk dunia," ungkapnya dalam Jogja Fashion Week.

Afif mengungkapkan, JFW 2022 bertema “Panca Kartika” untuk mewakili lima destinasi super prioritas yang dikembangkan Pemerintah Indonesia selama pandemi Covid-19.

Para desainer akan membuat kreasi berdasarkan lima destinasi super prioritas, yakni Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Adapun JFW ke-16 di Sleman City Hall merupakan pembuka dari tiga rangkaian kegiatan Grebeg UMKM 2022.

Baca juga: Dukung Sektor Industri Kreatif, JFW 2022 Kembali Tampilkan Karya 79 Desainer DIY

Setelah gelaran JFW, acara dilanjutkan dengan pameran UMKM potensi ekspor dalam Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (Jiffina) serta Pameran UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Budiharto Setyawan berharap, Grebeg UMKM 2022 dapat mendorong industri kreatif untuk menciptakan produk berkualitas.

Gelaran tersebut juga menjadi ajang untuk mengajak masyarakat membeli produk-produk lokal. Lewat Grebek UMKM 2022, Budiarto juga mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dengan pemanfaatan QRIS.

JFW di Jogja Expo Center

Usai di Sleman City, gelaran Jogja Fashion Week  (JFW) 2022 juga akan kembali digelar di Jogja Expo Center pada Jumat (26/8/2022) hingga Selasa (30/8/2022).

JFW kali ini akan melibatkan 79 desainer asal DIY yang akan menampilkan enam dress rancangan masing-masing.

Baca juga: 90 Desainer Akan Terlibat dalam Gelaran Jogja Fashion Week 2022

Selain fashion show, JFW 2022 juga akan memamerkan produk-produk fesyen dari 100 industri kecil menengah (IKM) fesyen dan pendukungnya yang merupakan binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY.

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti mengatakan, JFW 2022 merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY untuk mendorong berkembangnya sektor industri kreatif khususnya produk fesyen.

"Ajang ini diharapkan melahirkan desainer-desainer baru sehingga membawa nama DIY ke kancah nasional, bahkan internasional," katanya, Kamis (18/8/2022).

Syam juga berharap, JFW 2022 mampu membangkitkan sektor perekonomian, terutama dalam industri fesyen di DIY.

Tidak hanya itu, kata Syam, JFW kali ini juga diharapkan bisa meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan pemasaran produk kreatif terkait fesyen serta meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan IKM bidang fesyen.

Baca juga: Adriana Chloe, Desainer Cilik Yang Manfaatkan Kain Perca Pada Karyanya di Jogja Fashion Week 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved