Piala Raja Sprint Rally

JNE Dukung Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022, Ajak UMKM dan Pariwisata Ikut Bangkit Bersama

Penyelenggara juga ingin menggeliatkan perekonomian di lokasi event dengan menggandeng para pelaku UMKM lokal.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Stand UMKM yang ada di komplek Donokerto Rally Course, Turi, Sleman. Penyelenggara Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 sengaja menggandeng para pelaku UMKM untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat di lokasi balapan 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kejuaraan Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 yang diselenggarakan di Donokerto Rally Course, Turi, Sleman pada 13-14 Agustus 2022 lalu tak hanya fokus pada kompetisi otomotif saja.

Penyelenggara juga ingin menggeliatkan perekonomian di lokasi event dengan menggandeng para pelaku UMKM lokal.

Ketua Penyelenggara, Yuda Mahesa Sidharta menjelaskan pihaknya ingin menghadirkan ekosistem lain di luar pernak-pernik otomotif dan rally, seperti ekosistem Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pariwisata.

Itu juga menjadi semangat Marrel Suryokusumo sebagai inisiator agar Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 ini bisa ikut memberdayakan potensi masyarakat lokal.

Jadi, tidak hanya balapannya saja, tapi juga ekonomi sekitar bisa terangkat.

Maka, dalam putaran pertama dan kedua dari Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 itu, stan-stan UMKM dan pariwisata bisa ikut promosi, menarik lebih banyak pembeli yang ingin melihat balapan sekaligus melihat potensi lokal.

Ke depan, kata Yuda, pihaknya ingin mengemas kolaborasi dengan UMKM dan pariwisata menjadi lebih baik lagi.

“Standnya bisa kita tambahin, biar lebih bervariasi. Juga, ada content lain dari UMKM, misalnya live cooking, coaching barista,” bebernya.

Baca juga: Gumregah Jogja Motosport Menjadi yang Terbaik di Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022

Baca juga: Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran II: Gumregah Jogja Motosport Juara Umum

Yuda mengungkap, saat ini, UMKM yang bisa ikut unjuk gigi di ajang tersebut masih berasal dari Wonokerto dan Donokerto, Turi, Sleman.

Hal ini karena dua daerah tersebut menjadi venue Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022.

“Memang prioritas ke UMKM lokal dulu dan sedikit yang dari luar, tapi di putaran ketiga nanti, kami mau ajak UMKM yang lebih stabil lagi. Produknya tetap kami kurasi biar tidak ada persamaan satu sama lain,” ucap Yuda.

Ia menilai, dengan mengundang ekosistem UMKM yang lebih stabil, nantinya akan ada pertukaran ilmu antara satu dengan lainnya.

“Ya, jadi sama-sama belajar. Kita pengen kan teman-teman UMKM di Wonokerto dan Donokerto bisa ikut stabil. Jadi, dengan adanya forum seperti itu, mereka bisa saling berbagi ilmu,” jelasnya.

Dia melanjutkan, UMKM itu juga akan didukung oleh sponsor yang sudah terlibat, salah satunya adalah JNE.

“Nah, dengan adanya JNE jadi sponsor ini kan mereka jadi punya kanal untuk memasarkan produk dengan pengiriman paket. Kita hubungkan saja, satu sama lain, jadi biar semakin menarik,” tukasnya.

Sementara, Kepala Cabang JNE Yogyakarta, Adi Subagyo mengatakan, JNE selalu mendukung UMKM untuk terus bergerak maju.

Sehingga, adanya Piala Raja Sprint Jogja Rally 2022 ini bisa menjadi ajang UMKM untuk ikut bangkit bersama dan berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

“Pastinya, kita dukung event otomotif ini. Ditambah, di dalamnya ada bazaar UMKM. Kami dari JNE memang secara konsisten mendukung pertumbuhan ekonomi lokal agar terus bisa menciptakan pasar lokal maupun nasional,” tandasnya. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved