Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Abdul Halim Ingatkan Fungsi Masjid Sebagai Pembangunan Mental Spiritual

Bupati Bantul ingatkan jamaah Masjid Baiturridwan jangan melupakan pembangunan mental spiritual.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan santunan kepada warga jemaah Masjid Baiturridwan Karangsemut Jetis Bantul, Minggu (21/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - “Pembangunan manusia sepenuhnya, artinya tidak hanya dari lahiriah saja, tetapi juga membangun rohaninya, atau jiwanya,” ucap Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Baca juga: Bupati Halim Ekosistem Ekonomi Kreatif di Bantul Harus Dikuatkan

Baca juga: Bupati Halim Ajak Jemaah Haji Ikut Membangun Mental Spiritual Masyarakat Bantul

Secuil pernyataan tersebut mengingatkan lagi kepada masyarakat, bahwa pembangunan mental spiritual masyarakat menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Pembangunan sumber daya manusia secara spiritual dapat dilakukan pada pusat-pusat kegiatan keagamaan, satu di antaranya masjid.

Ungkapan Bupati Abdul Halim Muslih itu disampaikan, ketika meresmikan proyek renovasi Masjid Baiturridwan di Jalan Imogiri Timur, Karangsemut, Trimulyo, Jetis, Minggu (21/8/2022) malam.

Bupati Bantul menaruh harapan, agar Masjid Baiturridwan dapat difungsikan sebagai pusat kegiatan masyarakat, tak hanya sebatas pada kegiatan ibadah mahdhah, tetapi juga ibadah sosial.

“Sehingga ibadah ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Uang yang diperoleh dari infak dan lain-lain, bisa digunakan untuk menangani kemiskinan di lingkungan Karangsemut, karena kemiskinan atau kefakiran berpotensi mendorong pada kekufuran,” tegas Bupati Abdul Halim.

Selain itu, lanjut Abdul Halim, masjid ini diharapkan dapat menjadi ruang bagi anak muda untuk belajar membangun karakter, melalui kegiatan-kegiatan yang mendukung.

Sekadar diketahui, masjid yang berdiri di tanah wakaf sejak 1957 ini, dirombak total pada awal tahun 2021. Sarjiman, ketua panitia pembangunan masjid menyebutkan, bahwa total pembiayaan untuk renovasi mencapai Rp2,1 miliar. Dana tersebut diperoleh dari swadaya masyarakat dan para donatur. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved