Berita Klaten Hari Ini

412 Peserta dari Tiga Kecamatan Ikuti Tes Perangkat Desa di Wilayah Kota Klaten

Para peserta yang ikut itu berasal dari tiga kecamatan yang ada di wilayah Kota Klaten yakni Kecamatan Klaten Utara, Klaten Tengah dan Klaten Selatan

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Sejumlah peserta seleksi perangkat desa saat mengikuti tes wawancara di Aula SMPN 2 Klaten, Selasa (23/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Ratusan peserta tes perangkat desa serentak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengikuti seleksi di Aula SMPN 2 Klaten, Selasa (23/8/2022).

Para peserta yang ikut itu berasal dari tiga kecamatan yang ada di wilayah Kota Klaten yakni Kecamatan Klaten Utara, Klaten Tengah dan Klaten Selatan.

Koordinator Lokasi Tes Calon Perangkat Desa Kabupaten Klaten Tahun 2022 dari STIA MADANI, Stiliana Indriasari, menyebut jumlah peserta yang ikut tes di sekolah itu berjumlah 412.

"Untuk wilayah Klaten Kota terdapat 412 peserta yang terdiri dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Klaten Utara, Klaten Tengah dan Klaten Selatan," ujarnya pada wartawan di sela kegiatan itu.

Ia merinci, dari tiga kecamatan itu terdapat 11 desa yang menyelenggarakan seleksi yakni, Kecamatan Klaten Utara terdapat tiga desa yaitu Jebugan, Jonggrangan dan Belangwetan.

Kecamatan Klaten Tengah, diikuti oleh Desa Semangkak dan Jomboran, sementara untuk Klaten Selatan ada Desa Nglinggi, Trunuh, Merbung, Sumber Rejo, Glodokan dan Karanglo.

"Secara teknis hari pertama mereka melaksanakan asesmen sosial kultural, jadi disini ada empat hal yang akan diteskan mulai dari kemampuan komunikasi, wawasan lokal desa, serta kemampuan analisis,"paparnya.

Menurutnya, empat hal yang ditanyakan bagi para peserta itu akan ditanyakan oleh dua asesor dari perguruan tinggi dan asesor dari desa.

"Nilai maksimal dari masing-masing asesor yakni 20, jadi peserta maksimal mendapatkan 40 poin pada hari pertama ini," akunya.

Kemudian pada hari kedua, Rabu (24/8/2022) dilaksanakan tes akademik dan tes keterampilan komputer.

"Tes akademik jumlah soalnya ada 70 soal dan nilainya per soal 0,5 sehingga jika peserta betul semuanya dalam menjawab soal, maka nilai maksimal 35," ulasnya.

"Nah untuk tes komputer ada 25 poin jika peserta bisa menjalaninya dengan baik, jadi totalnya ada 100 poin," tukasnya.

Adapun untuk tes akademik, lanjut Stiliana, ada empat materi yang ditanyakan yakni seperti Pancasila dan UUD 1945, wawasan kebangsaan, pengetahuan desa dan bahasa Indonesia.

"Hasil tesnya akan kita tempel besok, sebelum jam 00.00 dan kita publikasikan di masing-masing lokasi tes. Kalau terjadi nilai yang sama maka tanggal 25 kita lakukan tes ulang dengan model tes akademik dengan soal 20 butir," tandas dia. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved