Berita Klaten Hari Ini

Sebanyak 5.101 Peserta Seleksi Perangkat Desa di Klaten Ikuti Tes Wawancara Besok

Ribuan peserta seleksi calon perangkat desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal mengikuti tes wawancara di sejumlah sekolah selama dua hari, Selasa

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Bupati Klaten, Sri Mulyani saat ditemui di DPRD Klaten, Senin (22/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Ribuan peserta seleksi calon perangkat desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal mengikuti tes wawancara di sejumlah sekolah selama dua hari, Selasa-Rabu (23-24/8/2022).

Adapun jumlah peserta yakni, sebanyak 5.101 peserta yang akan berebut 457 formasi di 264 desa yang tersebar di 26 kecamatan.

Proses tes pengisian perangkat desa, ini masing-masing TP3D telah bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi agar seleksi berjalan profesional, akuntabel dan transparan.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris MU dan Liverpool, Zona Degradasi vs Papan Tengah

"Lokasi tesnya meminjam selama dua hari di masing-masing sekolah di sekitar desa, meski begitu saya minta agar kegiatan sekolah anak-anak tidak terganggu," ujar Bupati Klaten, Sri Mulyani saat ditemui di Gedung DPRD Klaten, Senin (22/8/2022).

Diakui Mulyani, pendaftaran seleksi calon perangkat desa di Klaten tahun ini dilamar oleh 5.332 peserta.

Setelah melalui tahapan seleksi administrasi, hanya 5.101 peserta yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tes wawancara.

Ia pun berharap proses seleksi perangkat desa itu berjalan lancar dan mampu menghasilkan para perangkat desa yang benar-benar dibutuhkan oleh warga desa untuk melayaninya.

Sementara itu, Pj Sekda Klaten, Jajang Prihono menambahkan untuk mengamankan pelaksanaan seleksi perangkat desa, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

"Kalau soal kerawanan sudah di mapping ya, terutama oleh pelaksana kegiatan. Pengaturan sarana dan prasarana, pengamanan sudah koordinasi," ucapnya.

Ia mengatakan, untuk melaksanakan tes wawancara kepada ribuan perangkat desa, bakal diampu oleh tiga kampus yang telah bekerja sama dengan TP3D.

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 22 Agustus 2022: Bertambah 29 Kasus, Nihil Pasien Meninggal 

"Perguruan tinggi ada tiga, Unwidha, UAD dan STIA Madani, ini dari desa yanh koordinasi, daerah hanya fasilitasi saja," imbuh dia.

Jajang menegaskan, sekolah yang dipakai untuk pelaksanaan tes wawancara, diminta untuk tetap melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar seperti biasa.

"Sekolah tidak libur, kalau ujian kan bisa di aula sekolah yang penting tidak mengganggu pelajaran siswa," tandasnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved