Berita Klaten Hari Ini

Wisatawan Luar Kota mulai Ramai Kunjungi Umbul Ponggok Klaten, Akhir Pekan Bisa 1.000 Orang

Bila dibandingkan dengan kunjungan pada awal tahun ini, tingkat kunjungan di pertengahan tahun meningkat sekitar 60 persen.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Umbul Ponggok
Seorang wisatawan saat menjajal wahana Ponggok Walker di objek wisata air Umbul Ponggok, Klaten beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kunjungan wisata ke sejumlah wisata air di Kabupaten Klaten , Jawa Tengah mulai mengalami tren peningkatan.

Hal itu dirasakan oleh pengelola objek wisata air tersebut sejak tiga bulan terakhir.

Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan luar KLaten juga ramai berkunjung.

Kepala Divisi Wisata Berdesa, BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, Suyantoko membenarkan mulai naiknya kunjungan wisata ke sejumlah objek wisata air termasuk Umbul Ponggok .

Baca juga: Khidmat, Ratusan Pengunjung Umbul Ponggok Klaten Ikuti Upacara Bendera di Bawah Air

"Untuk kunjungan, alhamdulillah dengan sekarang sudah tidak adanya PPKM, kunjungan wisatawan luar kota sudah mulai naik," ujarnya pada Tribunjogja.com , Minggu (21/8/2022).

Ia menyampaikan, bila dibandingkan dengan kunjungan pada awal tahun ini, tingkat kunjungan di pertengahan tahun meningkat sekitar 60 persen.
 
"Perbandingannya kalau dulu pengunjung datang sekitar 20 persen sekarang sudah mencapai angka 60 persen setiap harinya," ulasnya.

Ia mengakui, tren kenaikan ini mulai terjadi sejak momen libur Idulfitri kemarin dan disambung dengan libur anak sekolah.

"60 persen itu kira-kira sekitar 300 sampai 400 pengunjung setiap harinya, kalau weekend atau Sabtu-Minggu kunjungan sudah di atas 800 sampai 1.000 pengunjung," akunya.

Baca juga: Satu-satunya di Indonesia, Umbul Ponggok Klaten Kembali Hadirkan Wahana Ponggok Walker

Kemudian, kata dia, pengunjung Umbul Ponggok memang didominasi oleh pengunjung luar kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Solo Raya.

"Para wisatawan ini datang kesini karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai diving, foto underwater, ponggok walker dan lainnya," urainya.

Ia menyebut, para wisatawan datang dengan menggunakan kendaraan pribadi hingga bus pariwisata.

"Bus wisata juga banyak yang datang, tengah pekan ini saja datang dari gresik 3 bus wisata, pekan lalu dari Bandung juga 3 bus," imbuhnya.

Ia berharap dengan melandainya kasus Covid-19, dapat membawa dampak positif bagi dunia pariwisata, termasuk Umbul Ponggok . ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved