Dukung Sektor Industri Kreatif, JFW 2022 Kembali Tampilkan Karya 79 Desainer DIY

JFW 2022 merupakan salah satu upaya Pemprov DIY dalam mendorong sektor industri kreatif, khususnya produk-produk fashion.

Penulis: And | Editor: APS
Dok. JFW 2022
Ajang fashion bergengsi Jogja Fashion Week (JFW) 2022 akan kembali digelar pada Jumat (26/8/2022) hingga Selasa (30/8/2022), di Jogja Expo Center (JEC). 

TRIBUNJOGJA.COM – Ajang pameran busana bergengsi Jogja Fashion Week (JFW) akan kembali digelar pada Jumat (26/8/2022) hingga Selasa (30/8/2022) mendatang di Jogja Expo Center (JEC).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Syam Arjayanti mengatakan, kembalinya pagelaran JFW 2022 merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY untuk mendorong berkembangnya sektor industri kreatif, khususnya produk fashion.

“Melalui ajang ini diharapkan bisa melahirkan desainer-desainer baru yang mumpuni, sehingga bisa membawa nama DIY ke kancah nasional, bahkan hingga internasional,” ungkap Syam dalam keterangan pers yang diterima oleh Tribunjogja.com, di Yogyakarta, Jumat (19/8/2022).

Melalui JFW 2022, Syam berharap pagelaran itu mampu membangkitkan sektor perekonomian yang ada di Yogyakarta, terutama dalam industri fashion.

“Dalam rangka memulihkan kembali perekonomian setelah dua tahun terpuruk karena pandemi Covid-19, diharapkan adanya gelaran JFW ini bisa meningkatkan pemasaran sekaligus memperluas jaringan pemasaran bagi produk kreatif terkait industri fashion di Yogyakarta,” jelas Syam.

Tak hanya itu, Syam juga berharap, pagelaran itu turut meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan bagi industri kecil menengah (IKM), di bidang industri kreatif fashion.

“Muaranya diharapkan bisa membangkitkan industri fashion di Yogyakarta dan tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Syam.

Sebagai informasi, JFW 2022 mengusung tema Karya Wastra Bhinneka, Bangkitkan IKM Fashion yang artinya dengan indahnya keberagaman wasta ethnic yang dimiliki setiap daerah di Nusantara dapat menjadi kekuatan dalam industri fashion untuk dieksplorasi lebih lagi dan menjadi kekayaan yang adi luhung.

Pagelaran fashion terbesar di Yogyakarta tersebut akan diikuti oleh 79 desainer asal DIY. Mereka akan menampilkan kurang lebih enam karya rancangannya.

Selain itu, dalam JFW 2022 ini juga akan dipamerkan beberapa produk-produk fashion dari 100 IKM fashion dan pendukungnya yang merupakan binaan dari Disperindag DIY.

Rencananya, JFW 2022 akan dibuka langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X pada Jumat (26/8/2022) mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala bidang (Kabid) Industri Logam, Sandang, dan Aneka Anton Raharja mengatakan, hari pertama gelaran JFW 2022 akan dilaksanakan fashion show yang menampilkan 24 baju yang terdiri dari 12 baju Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan 12 baju dari Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Selain itu, dalam acara JFW 2022 juga akan dilaksanakan seminar dengan tema Desainpreneur: Solusi Kebangkitan Industri Fashion di Masa Endemi.

“Nantinya seminar akan dilaksanakan pada Senin (29/8/2022) di Hotel Grand Rohan, Yogyakarta dengan narasumbernya dari Tee Dina Mediani yang tergabung dalam IFC dan Yayuk Apriyani yang tergabung dalam APPMI,” jelas Anton Raharja.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved