Berita DI Yogyakarta Hari Ini

275 Nama Anggota Bawaslu Dicatut Parpol, Ketua KPU RI : Sistem Politik Bekerja Efektif

Fenomena pencatutan menunjukkan bahwa sistem informasi partai politik atau Sipol yang dikembangkan KPU bisa bekerja secara efektif.

TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie
Ketua KPU Hasyim Asyari 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Republik Indonesia (RI), Hasyim Asy'ari angkat bicara soal adanya 275 nama anggota Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) di Indonesia yang dicatut menjadi anggota partai politik ( parpol ).

Adapun di DIY sendiri ada dua anggota Bawaslu yang dilaporkan turut mengalami pencatutan di masa pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 ini.

Hasyim beranggapan, terungkapnya fenomena pencatutan menunjukkan bahwa sistem informasi partai politik atau Sipol yang dikembangkan KPU bisa bekerja secara efektif.

Sebab, sistem mampu mengidentifikasi seseorang yang seharusnya tidak bisa menjadi anggota parpol, namun ternyata tercatat menjadi anggota parpol.

Baca juga: KPU Minta Pemda DIY Identifikasi Mahasiswa Luar Daerah Sebelum Gelaran Pemilu 2024

Misalnya Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI dan Polri, serta anggota badan penyelenggara pemilu.

"Sipol yang dibangun KPU bisa bekerja efektif. Sipol bisa mengidentifikasi orang yang sesungguhnya tidak dapat menjadi anggota parpol seperti PNS, anggota TNI, anggota Polri dan badan penyelenggara itu tidak boleh jadi anggota partai," terang Hasyim di Kompleks Kepatihan Yogyakarta , Jumat (19/8/2022).

Temuan tersebut akan menjadi bahan bagi KPU untuk meminta klarifikasi dari parpol yang diduga melakukan pencatutan nama dan NIK. 

Pihaknya pun akan memberi kesempatan terhadap parpol untuk melakukan perbaikan dan memenuhi syarat pendaftaran.

"Akan jadi bahan KPU untuk klarifikasi kepada partai. Gimana ceritanya ada nama nama yang gak boleh namun bisa terdaftar," terangnya.

"Temuan seperti ini menjadikan data tersebut tidak memenuhi syarat dan ini diberi kesempatan parpol untuk memenuhi syarat dan perbaikan," sambungnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved