Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Sebanyak 357 Narapidana di Lapas Kelas II A Magelang Mendapatkan Remisi HUT RI

Sebanyak 357 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Magelang mendapatkan remisi (pengurangan masa pidana) pada HUT ke-77 RI.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kabupaten Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak 357 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Magelang mendapatkan remisi (pengurangan masa pidana) pada HUT ke-77 RI. 

Kepala Lapas Kelas II A Magelang Satriyo Waluyo menuturkan, remisi diberikan berdasarkan ketentuan dari Kementerian Hukum dan HAM RI .

Baca juga: Kepsek dan 3 Guru SMAN 1 Banguntapan Dijatuhi Sanksi Disiplin, Ini Penjelasan Sekda DIY

"Sebanyak 357 orang itu, terdiri atas  354 orang mendapatkan remisi umum I ( pengurangan sebagian  dan  tiga orang mendapatkan remisi umum II (langsung bebas)," ujarnya pada Kamis (18/08/2022).

Dari data Lapas Kelas II Magelang, sebanyak 354 warga binaan yang mendapatkan remisi umum I tersebut terdiri atas  97 orang mendapatkan remisi satu bulan, 70 orang (remisi dua bulan), 103 orang (remisi tiga bulan).

Selain itu, 52 orang mendapatkan remisi empat bulan, 21 orang (remisi lima bulan) dan sembilan orang mendapatkan remisi selama enam orang.

Satriyo menambahkan, di antara para warga lapas yang mendapatkan remisi I ialah mantan narapidana teroris. Narapida tersebut, mendapatkan masa pengurangan pidana sebanyak tiga bulan.

"Untuk narapidana teroris yang mendapatkan remisi tersebut, pada 24 Agustus mendatang  akan mendapatkan masa bebas bersyarat. Dan yang bersangkutan  telah memenuhi persyaratan, yakni telah menjalani masa pidananya sesuai ketentuan, dua pertiga masa pidananya tidak kurang dari sembilan bulan,” tuturnya.

Ia menjelaskan,  dipilihnya 357 narapidana yang mendapatkan remisi karena memenuhi persyaratan subtantif dan administratif.

Baca juga: Bupati Halim Serahkan Bantuan Kepada Anak Yatim Piatu Baturetno Bantul

Padahal, total narapida di Lapas Kelas II A Magelang sebanyak 513 orang.

Remisi umum bisa diberikan kepada narapidana jika memenuhi persyaratan, yakni tidak menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar para buku catatan pelanggaran disiplin narapidana, dan turut serta aktif mengikuti program pembinaan berdasarkan penilaian pembinaan narapidana.

"Jadi, ada 100 orang narapidan yang tidak diusulkan mendapatkan remisi karena tidak memenuhi persyaratan. Sedangkan, sisanya 56 orang statusnya masih tahanan," ungkapnya. (ndg)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved