Berita Kulon Progo Hari Ini

Lolos Tahap Pendaftaran, KPU Kulon Progo Verifikasi Administrasi 24 Parpol Peserta Pemilu 2024 

KPU Kulon Progo mulai melakukan verifikasi administrasi parpol pada 16 hingga 29 Agustus 2022.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Berkas pendaftaran 24 partai politik ( parpol ) peserta Pemilu serentak 2024 dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) RI. 

Selanjutnya, tahap verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU Kulon Progo .

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu , KPU Kulon Progo , Tri Mulatsih mengatakan tahapan verifikasi administrasi dilaksanakan pada 16-29 Agustus 2022.

"Untuk tahapan (verifikasi administrasi) ini, sudah memperoleh akses sistem informasi partai politik (SIPOL). Kita sudah melihat data-data yang ada di SIPOL untuk tingkat Kabupaten Kulon Progo seperti apa," katanya, Kamis (18/8/2022). 

Baca juga: KPU Kulon Progo : 31 Parpol Daftar Pemilu 2024 dan 9 Parpol Ditunggu Pendaftarannya

Seluruh anggota KPU Kulon Progo yang berjumlah 26 orang dilibatkan dalam proses verifikasi administrasi ini.

Dibagi menjadi 3 tim yakni tim verifikator yang memegang data, tim pendamping yang membantu dan pihak komisioner yang bertugas memastikan yang dilakukan oleh tim sudah betul. 

Tri menyebut dari data KPU RI, ada 24 parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap dan berhak berlanjut dalam proses verifikasi administrasi. 

Di antaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Kesejahteraan Indonesia (Garuda). 

Selanjutnya, Partai Demokrat, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar). 

Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Partai Buruh, Partai Republik, Partai Ummat, Partai Republiku Indonesia, Partai Suara Rakyat Indonesia dan Partai Republik Satu. 

"Kita sudah mengecek kepengurusan dari 24 Parpol apakah sudah lengkap atau belum di Kulon Progo , melihat kepengurusan di kabupaten sudah lengkap atau belum, alamat kantornya bagaimana," ucap Tri. 

"Termasuk juga data liaison officer (LO) atau penghubung sudah lengkap atau belum dan data keanggotaan di Kulon Progo minimal 443 ya apakah sudah memenuhi atau belum," sambungnya. 

Dikatakannya, beberapa pengecekan ini dilakukan supaya KPU Kulon Progo memiliki gambaran awal bagaimana peta parpol di kabupaten setempat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved