Berita Kota Magelang Hari Ini

HUT ke-77 RI, Ribuan Pedagang di Pasar Rejowinangun Magelang Gelar Upacara Hingga Gerebeg Gunungan

Pasar tradisional terbesar di Kota Magelang ini juga didekorasi dengan pernak-pernik khas kemerdekaan di setiap sudutnya.

Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting
Suasana Perayaan HUT ke-77 RI di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang, Rabu (17/08/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja,Nanda Sagita Ginting

TRIBUJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Ribuan pedagang di Pasar Rejowinangun Kota Magelang memperingati momentum HUT ke-77 RI dengan menggelar Upacara bendera hingga mengadakan Gerebeg Gunungan.

Tak hanya itu, pasar tradisional terbesar di Kota Magelang ini juga didekorasi dengan pernak-pernik khas kemerdekaan di setiap sudutnya.

Hal itupun menambah semarak suasana peringatan kemerdekaan RI di Pasar Rejowinangun Kota Magelang tersebut.

Penggagas kegiatan dan petugas Keamanan Pasar dari Polsek Magelang Selatan, Brigadir Kepala (Bripka) Mat Rony, menuturkan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini, berbagai kegiatan dilakukan dengan menggandeng para pedagang.

"Ada sekitar 3000 ribu pedagang yang ikut serta. Sejak pagi tadi dimulai kegiatan dari senam. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan detik-detik Proklamasi. Di mana, semua kegiatan di pasar kami berhentikan sementara selama 3 menit. Dan, puncaknya yakni Grebegan Gunungan dan menampikan pertunjukan seni, semuanya dari pedagang," tuturnya saat ditemui di lokasi, Rabu (17/08/2022).

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini baru kembali digelar setelah berhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Sehingga, upaya kegiatan ini sekaligus ingin mendorong roda perekonomian di Pasar Rejowinangun.

"Dan Alhamdulliah, maksud menggandeng seluruh pedagang ini agar perekonomian di pasar utamanya segera bangkit setelah dua tahun berhenti,"ungkapnya.

Seorang pedagang di Pasar Rejowinangun Kota Magelang, Muharjono (60),  mengaku senang dengan kegiatan peringatan momen HUT ke-77 RI yang bisa kembali digelar usai dilanda pandemi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved