PSS Sleman

Cerita Penjaga Gawang PSS Sleman Dimas Fani di Momen Kemerdekaan RI, Pernah Jadi Anggota Paskibraka

Dimas Fani pernah dipercaya menjadi satu di antara Paskibraka yang bertugas di kampung kelahirannya, di Alun-alun Pati, Jawa Tengah.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Muhammad Fatoni
Dok. PSS Sleman
Kiper PSS Sleman, Dimas Fani 

TRIBUNJOGJA.COM - Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam momen Hari Kemerdekaan barangkali menjadi impian setiap pelajar.

Hal tersebut pula yang pernah dirasakan penjaga gawang PSS Sleman, Dimas Fani.

Pada 2016 silam, Dimas Fani dipercaya menjadi satu di antara Paskibraka yang bertugas di kampung kelahirannya, di Alun-alun Pati, Jawa Tengah.

Diungkapkannya, kesempatan menjadi Paskibraka merupakan cita-cita yang terwujud, sekaligus menjadi satu momen berkesan yang selalu ia kenang.

Cukup beralasan, sebab sejak kecil ia sering kali menyaksikan prosesi pengibaran bendera.

"Menurut saya itu sangat keren dan ingin menjadi seperti itu. Singkat cerita, ketika SMA itu ada seleksi saat awal masuk SMA 2 Pati untuk menjadi petugas upacara pengibar bendera. Saya ikut seleksi dan masuk sehingga saya menjadi pengibar bendera di sekolah," ujar Dimas Fani.

Dimas Fani menambahkan, ia mendapatkan saran dari kakak kelasnya untuk masuk ke organisasi yang mewadahi pasukan baris-berbaris dan Tata Upacara Bendera (PBBTUB) yang bernama HIKAMADA (Himpunan Karana Muda Smandapa).

"Jadi petugas upacara di setiap hari senin di sekolah saya berasal dari organisasi itu. Setiap Minggu itu latihannya dua kali dan ada target untuk ikut lomba PBBTUB antar sekolah se-kabupaten Pati. Sekolahku ketika saya kelas sepuluh mendapat peringkat kedua," urainya.

"Setelah satu tahun, ada seleksi untuk menjadi Paskibraka kabupaten Pati. Saya ingat sekali seleksi pada bulan Maret tahun 2016 dan ada seleksi fisik serta baris-berbaris. Seleksi fisiknya ada lari, push up, sit up. Kesehatannya ada tinggi dan berat badan," tambah dia.

Setelah melalui tahap seleksi, Fani akhirnya lolos dan menjadi Paskibraka kabupaten Pati. Ia menjalani latihan selama satu bulan penuh dari pagi hingga sore untuk mengibarkan bendera pada 17 Agustus tahun 2016 di Alun-alun kabupaten Pati.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved