Atlet Jogja Nabilah Umarella Bakal Tampil di FINA World Junior Artistic Swimming Championships 2022

Nabilah Marwa Khairunnisa Umarella, atlet renang artistik asal DI Yogyakarta menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang FINA World Junior Artistic

Dok Humas KONI DIY
Atlet renang artistik DIY, Nabilah Umarella. 

TRIBUNJOGJA.COM - Nabilah Marwa Khairunnisa Umarella, atlet renang artistik asal DI Yogyakarta menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang FINA World Junior Artistic Swimming Championships 2022 nomor solo free routine dan solo technical routine yang diselenggarakan di Quebec City, Kanada, 23 hingga 27 Agustus 2022 mendatang.

Lala, sapaan akrabnya, mengaku antusias dan tak sabar untuk tampil di kejuaraan renang artistik junior tingkat dunia tersebut, belajar langsung dari atlet-atlet dari negara unggulan seperti Jepang, Cina, Amerika Serikat, serta tuan rumah Kanada.

Bagi Lala, tampil di kejuaraan selevel FINA World Junior Artistic Swimming Championships 2022 merupakan pencapaian yang ia impikan sejak memutuskan menekuni karier sebagai atlet renang artistik.

Baca juga: BPBD Sleman Bunyikan 31 EWS di Lereng Gunung Merapi, 29 Sirine Berfungsi dengan Baik dan 2 Trouble

"Sekitar 10 tahun lalu sewaktu memantapkan diri sebagai atlet renang artistik, saya pernah menuliskan target dan planning di secarik kertas. Nah di situ salah satunya saya tulis impian saya untuk turun di ajang World Junior Artistic Swimming Championships 2019. Tapi ternyata memang belum bisa sampai di posisi itu," terang Lala.

"Alhamdulillah baru 2022 ini mendapatkan kesempatan, dan yang jelas saya sangat antusias sekaligus bersemangat lantaran kejuaraan ini diikuti atlet renang artistik terbaik dari masing-masing negaranya," tambah atlet peraih medali perak di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 lalu.

"Sangat excited pastinya. Apalagi saya pun mengikuti mereka (atlet-atlet) lainnya di instagram. Ingin sekali bertemu dan belajar secara langsung," tambahnya.

Diungkapkan Lala, tampil di FINA World Junior Artistic Swimming Championships 2022 menjadi kesempatan yang sangat berharga untuk mencicipi ketatnya persaingan di level dunia.

"Pada 2015 lalu, pernah ikut Asian Games tapi kelompok umur, itu saja kompetitif sekali. Ini ( FINA World Junior Artistic Swimming Championships 2022) lebih tegang rasanya, kompetitornya juara-juara dunia junior," kata Lala.

Diungkapkannya, ia bersama sang pelatih yakni Rosa Palmastuti sengaja berangkat lebih awal menuju Kanada, sebab waktu persiapan sekira 3 hari bakal dimanfaatkan sebagai adaptasi. Ia bersama sang pelatih bertolak dari Yogyakarta transit ke Jakarta pada 16 Agustus 2022, sebelum berangkat menuju Kanada pada 17 Agustus 2022.

"Di sana (Kanada-red), saat ini memasuki summer akhir. Tapi kan tetap saja dingin, berkisar 21 derajat celcius. Jadi sengaja berangkat lebih awal untuk adaptasi," kata Lala.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved