Berita Klaten Hari Ini

182 Warga Binaan Lapas Klaten Terima Remisi HUT Kemerdekaan ke-77 RI

Remisi ini diberikan kepada ratusan warga binaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Penampakan Lapas Klas IIB Klaten yang berada di Jalan Pemuda, Klaten. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah memberikan pemotongan masa hukuman atau remisi kepada 182 orang narapidana yang menjadi warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIB Klaten.

Remisi ini diberikan kepada ratusan warga binaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022.

Kepala Lapas Kelas II B Klaten, Ahmad Fauzi, mengatakan ratusan warga binaan yang mendapatkan remisi ini adalah narapidana yang telah memenuhi syarat-syarat untuk mendapatkan remisi.

Adapun beberapa syarat di antaranya adalah berkelakuan baik selama menjalani pidana di Lapas yang berada di Jalan Pemuda Klaten tersebut.

"Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar, yang mendapatkan remisi pada HUT Kemerdekaan Ke-77 RI di Lapas Kelas II B Klaten sebanyak 182 warga binaan," ujarnya saat TribunJogja.com temui di Lapas tersebut, Rabu (17/8/2022).

Ia mengatakan, 182 warga binaan yang menerima remisi tersebut tidak ada yang langsung bebas karena para warga penerima remisi hanya mendapatkan remisi kategori RU 1.

"RU 1 semua, jadi tidak ada warga binaan yang langsung bebas," ucap dia.

Menurut Ahmad Fauzi, para napi yang mendapatkan remisi tersebut terdiri dari beberapa kasus mulai dari warga binaan yang tersandung kasus narkoba, pencurian hingga penganiayaan.

"Macam-macam, semua kasus dapat remisi selama warga binaan itu berkelakuan baik dan telah menjalani masa tahanan beberapa lama," katanya.

Seorang warga binaan yang ikut mendapat remisi, Irja Sanjaya (32), bersyukur mendapatkan remisi pada momentum HUT Kemerdekaan ke-77 RI tersebut.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan pemotongan masa tahanan kepada dirinya.

"Saya kena 12 tahun, ini sudah 6 tahun menjalani hukuman. Terus dapat remisi ya Alhamdulillah, saya bersyukur," imbuhnya.  (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved