Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Pemkab Klaten Tiadakan Karnaval, Bupati Sri Mulyani: Rencana Kita Adakan Festival Reog

Bupati Klaten, Sri Mulyani telah merencanakan bakal menggelar Festival Reog yang akan dilaksanakan di Jalan Pemuda Klaten.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Bupati Klaten, Sri Mulyani saat ditemui di Pemkab Klaten, Selasa (16/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah tidak menyelenggarakan karnaval kebudayaan atau karnaval pembangunan pada Agustus 2022 ini.

Namun sebagai gantinya, Bupati Klaten, Sri Mulyani telah merencanakan bakal menggelar Festival Reog yang akan dilaksanakan di Jalan Pemuda Klaten.

"Tahun ini kita tidak melaksanakan karnaval kebudayaan atau karnaval pembangunan, tapi InsyaAllah ini sedang direncanakan kita adakan Festival Reog," ujarnya pada wartawan di Pemkab Klaten, Selasa (16/8/2022).

Menurut Yani, pertimbangan peniadaan karnaval kebudayaan tahun 2022 ini karena terkendala biaya, hal ini terjadi karena karnaval tidak masuk kedalam anggaran yang dibahas pada APBD 2022.

Pasalnya, saat menyusun APBD 2022, pihaknya masih berfikir jika pada tahun ini Covid-19 masih merajalela.

"Karena prediksi kita tahun ini masih ada Covid, sehingga kami tidak menganggarkan untuk karnaval secara besar-besaran, karena ini kan yang melaksanakan masing-masing kecamatan, kita kan yang menerima," jelas Mulyani.

Kemudian, kata Yani, meski tak ada karnaval namun pada rangkaian HUT Ke-218 Klaten serta HUT Ke-77 RI banyak kegiatan lainnya yang dilaksanakan seperti bazar UMKM, Festival Pembangunan serta hiburan lainnya.

Sementara itu, Pj Sekda Klaten, Jajang Prihono mengatakan dalam rangkaian HUT Ke-218 Klaten dan HUT Ke-77 RI, Pemkab Klaten mengadakan 109 kegiatan.

"Kegiatan kita memang banyak sekali, kita ada 109 kegiatan dalam rangkaian HUT Klaten dan HUT RI. Ini sedang kita rumuskan dengan teman-teman, kalau usulan Festival Reog memang dari ibu Bupati dan sedang kita bahas," jelasnya.

Meski begitu, diakui Jajang, hingga saat ini tanggal pasti dari kegiatan Festival Reog belum ditentukan, namun arahan Bupati Klaten festival itu dilaksanakan di jalan Pemuda.

"Alasannya Reog ini perlu kita lestarikan dan budaya ini animonya juga cukup besar. Semoga bisa kita laksanakan," tukasnya.  (*)
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved