Berita Jogja Hari Ini

Pemda DIY Pastikan Tak Ada Plt Gubernur, Tunggu Surat Penetapan Kepala Daerah dari Presiden Jokowi

Pemda DIY tak akan menunjuk penjabat kepala daerah saat masa jabatan gubernur dan wakil gubernur habis pada 10 Oktober 2022 mendatang

TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengisi daftar hadir dalam sidang rapur pemaparan visi misi dan program 2022-2027, Senin (8/8/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY bersama kalangan legislatif telah menyelesaikan tahap penetapan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X periode 2022-2027 pada 9 Agustus 2022 lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan proses penetapan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Dirinya pun memastikan bahwa Pemda DIY tak akan menunjuk penjabat kepala daerah saat masa jabatan gubernur dan wakil gubernur habis pada 10 Oktober 2022 mendatang.

"Kita pastikan tidak ada plt (pelaksana tugas) di Yogya, tinggal nunggu SK pelantikan dari presiden," kata Aji, Selasa (16/8/2022).

Belajar pada pada 2012 lalu, proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY sempat mengalami kemunduran selama enam hari lantaran adanya masalah teknis.

Masa jabatan Sri Sultan HB X sebagai Gubernur DIY periode 2012-2017 habis pada 10 Oktober 2017.

Namun rencananya acara pelantikan baru akan digelar pada 16 Oktober 2017 di Jakarta. Akibatnya posisi kepala daerah harus diisi dengan pelaksana tugas.

"Kita upayakan untuk tidak mundur, kita koordinasi dengan Jakarta supaya tanggal 10 (Oktober) nya itu bisa dilaksanakan pelantikan supaya tidak ada kekosongan di gubernur dan wakil gubernur di DIY karena kita punya pengalaman dulu menata waktunya susah. Jadi ini sejak awal kita koordinasikan," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved