Musik Zone

Kuaetnika Gelar Pergelaran 'Umbul Donga', Warisi Semangat Berkarya Djaduk Ferianto

Pada Pergelaran 'Umbul Donga' pada hari Senin, 8 Agustus 2022, Kuaetnika juga merilis satu komposisi baru yang berjudul Panuntun.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Kuaetnika gelar pergelaran 'Umbul Donga' dalam rangka 1000 hari berpulangnya Djaduk Ferianto di Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo, Dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Senin (8/8/2022) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sekira tiga tahun terakhir, kelompok musik asal Yogyakarta yakni Kuaetnika yang berkarya sejak 1996 silam seolah memulai segala sesuatunya dari awal kembali.

Banyak penyesuaian yang dilakukan dengan situasi baru sepeninggal Djaduk Ferianto salah satu pendiri Kuaetnika bersama dengan Butet Kartaredjasa dan Purwanto .

Mereka merasa kehilangan sosok yang mendorong proses berkarya serta kreator yang selalu gelisah dengan karya musik.

Adanya pandemi Covid-19 juga berpengaruh pada proses berkesenian Kuaetnika karena terbatasnya ruang interaksi langsung dengan publik.

Baca juga: Konser Bangsa Pemberani, Obati Kerinduan Pecinta Musik Cadas

Bertepatan dengan peringatan 1000 hari berpulangnya Djaduk Ferianto (7/8/2022) Kuaetnika menyelenggarakan sebuah pergelaran musik sebagai bentuk doa untuk mengenangnya.

Kuaetnika merasa ini adalah saat yang tepat untuk menghadirkan satu karya yang selama ini sudah ditabung.

Pada Pergelaran Musik Kuaetnika 'Umbul Donga' pada hari Senin, 8 Agustus 2022 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo, Dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Kuaetnika juga merilis satu komposisi baru yang berjudul Panuntun.

"Panuntun memiliki persamaan dengan seorang pemimpin, orang yang berada di depan yang bisa ditiru hal-hal baiknya, seperti halnya sebuah semboyan dari Ki Hajar Dewantara yaitu ing ngarsa sung tuladha. Judul komposisi ini secara khusus didedikasikan kepada Djaduk Ferianto yang dianggap sebagai seorang pemimpin di Kuaetnika. Sosok figur yang selalu dekat dengan anggota Kua Etnika, teman, kolega dan siapa saja yang pernah bersinggungan dengannya," terang Purwanto .

Ditambahkannya, 'Panuntun' secara khusus dibuat dengan memasukkan olah vokal Endah Laras yang juga pernah merasakan gojlokan tempaan ilmu tentang musik darinya.

"Menurut saya, Ndoro (sebutan untuk Djaduk Ferianto-red) itu memang panutan tidak hanya teman-teman Kuaetnika tetapi juga saya. Saya bisa tampil di panggung-panggung besar karena Ndoro, dulu saya pernah berandai-andai, Djaduk kapan saya mempunyai kesempatan untuk bisa berproses atau menikmati bersama teman-teman Kuaetnika sampai kesempatan itu datang," sambung Endah Laras yang tak bisa menyembunyikan rasa harunya tampil di pergelaran 'Umbul Donga'.

Sekadar informasi, 'Panuntun' merupakan satu dari sembilan komposisi dari album 'Manitik', sebuah album yang digarap Kuaetnika sejak 2019.

Manitik dimaknai dengan mencari jejak-jejak yang ditinggalkan oleh Djaduk Ferianto selama bersama-sama bergelut di dunia musik.

Baca juga: Musik Tradisi Harus Berinovasi untuk Menjawab Tantangan Panggung Musik Dunia

Album 'Manitik' berisi kumpulan 9 komposisi dengan rangkaian karya baru disertai komposisi karya Djaduk Ferianto yang dikerjakan dan ditafsir ulang oleh Kuaetnika inilah yang menurut rencana akan dirilis pada gelaran Ngayogjazz 2022 pada November 2022 yang akan datang.

Tak cuma Endah Laras yang tampil memukau, penyanyi Tri Utami pun ikut dihadirkan dalam 'Umbul Donga' dengan menyanyikan komposisi 'Tresnaning Tiyang' yang diambil dari album 'Nusa Swara'.

Selain komposisi Jawadwipa, Panuntun (Endah Laras), dan Tri Utami dengan 'Tresnaning Tiyang', komposisi lainnya yang disuguhkan dalam umbul donga nyewu Djaduk Ferianto diantaranya Pesisir, dan Swarnadwipa yang diambil dari Album Gending Djaduk, serta 'Merapi Horeg' dari album Orkes Sumpeg.

"Harapan saya singkat saja, teruslah tumbuh dan tetaplah hidup," pesan dan harapan Petra, istri mendiang Djaduk Ferianto kepada para musisi Kuaetnika. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved