Berita Kulon Progo Hari Ini

PT Angkasa Pura 1 Tanam Ribuan Bibit Pohon di Pesisir Selatan Kulon Progo untuk Wujudkan Green Belt 

PT Angkasa Pura (AP 1) sebagai pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo melakukan penanaman ribuan bibit pohon

TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
AP 1 beserta Pemkab Kulon Progo menanam bibit pohon mangrove di Pantai Pasir Kadilangu, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Rabu (10/8/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura (AP 1) sebagai pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo melakukan penanaman ribuan bibit pohon di wilayah pesisir selatan kabupaten setempat. 

Bibit pohon yang ditanam bertujuan untuk mewujudkan green belt atau kawasan sabuk hijau di pantai selatan Kulon Progo yang berdekatan dengan YIA

General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan penanaman pohon termasuk program yang tengah dilakukan oleh jajarannya untuk memitigasi bencana alam. 

Baca juga: Ada 2 Ijazah Siswa yang ikut Terbakar dalam Insiden Kebakaran Gedung SDN 1 Delegan Sleman

Mengingat lokasi YIA berada di pesisir selatan Kulon Progo. Penanaman pohon dilakukan di 3 kalurahan di pesisir pantai meliputi Karangwuni, Jangkaran dan Glagah.

Disebutkannya, ada 5.000 bibit pohon yang ditanam, jenisnya mangrove, cemara udang, anggur laut dan pandan laut. 

"Makanya, kita fokus terhadap penanaman pohon ini. Diharapkan pohon sebagai reducingnya apabila terjadi tsunami," kata Pandu usai menanam bibit mangrove di Pantai Pasir Kadilangu, Rabu (10/8/2022). 

Pihaknya juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat dalam rangka pelestarian lingkungan bertepatan dengan Hari Konservasi Alam yang diperingati secara nasional. 

"Sehingga kita sepakat bahwa lingkungan atau alam harus dilestarikan termasuk upaya mencegah terjadinya abrasi di daerah selatan atau pesisir," ucapnya. 

Selain menanam, pihaknya juga mengajak kelompok tani di tiga kalurahan itu untuk merawatnya hingga tumbuh dan berkembang. Melalui dana corporate social responsibility (CSR) padat karya YIA

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved