HUT Kemerdekaan RI

Persiapan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Gunungkidul, Puluhan Paskibraka Jalani Karantina 2 Pekan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul telah melakukan persiapan untuk Upacara Peringatan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Pelatihan bersama yang melibatkan ratusan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat kapanewon dan kabupaten di Alun-alun Wonosari, Gunungkidul, belum lama ini. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul telah melakukan persiapan untuk Upacara Peringatan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Persiapan salah satunya terkait dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Kepala Bidang Kepemudaan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Gunungkidul, Purnomo Sumardamto mengatakan para anggota Paskibraka kini tengah menjalani karantina.

Baca juga: Klarifikasi PT DPS Terkait Bangunan Komersil yang Didirikan di atas 60 Hektare Tanah Kas Desa Sleman

"Total ada 72 anggota Paskibraka yang mengikuti karantina sejak 6 Agustus lalu," kata Damto pada wartawan, Rabu (10/08/2022).

Ia mengatakan puluhan anggota Paskibraka tersebut akan bertugas saat Upacara Peringatan HUT RI ke-77 tingkat Kabupaten Gunungkidul. Upacara rencananya akan digelar pada Rabu (17/08/2022) pagi di Alun-alun Wonosari.

Menurut Damto, karantina bertujuan untuk mematangkan persiapan anggota Paskibraka dalam bertugas nantinya. Karantina meliputi berbagai kegiatan pelatihan agar upacara nantinya bisa berjalan tanpa kendala.

Masa karantina mengambil tempat di Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) milik Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul. Karantina akan berlangsung selama hampir 2 pekan.

"Masa karantina akan berakhir pada 18 Agustus mendatang," ujar Damto.

Ia pun berharap masa karantina tersebut bisa membuat puluhan anggota Paskibraka fokus untuk latihan secara intensif. Mereka pun juga diharapkan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Duh, Harga Mie Instan Bakal Naik 3 Kali Lipat! Ternyata Ini Penyebabnya

Selain di tingkat kabupaten, Upacara Peringatan HUT RI ke-77 juga akan digelar serentak di seluruh kapanewon. Ratusan anggota Paskibraka pun sudah terpilih untuk bertugas di masing-masing kapanewon untuk 17 Agustus nanti.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta sebelumnya melakukan pelatihan bersama dengan ratusan anggota Paskibraka tingkat kabupaten dan kapanewon tersebut. Pelatihan diharapkan bisa membuat mereka lebih kuat dan siap.

"Saya harap semua anggota Paskibraka bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal," ujarnya. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved