Berita Klaten Hari Ini

Kades Meninggal Dunia, Seleksi Perangkat Desa Serentak di Satu Desa di Klaten Dikaji Ulang

Kajian itu dilakukan karena Kepala Desa (Kades) definitif di desa tersebut, Mujiyoto meninggal dunia Sabtu (6/8/2022) malam.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Bupati Klaten, Sri Mulyani saat ditemui di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (9/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kelanjutan tahapan seleksi calon perangkat desa yang dilakukan oleh Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal dikaji ulang.

Kajian itu dilakukan karena Kepala Desa (Kades) definitif di desa tersebut, Mujiyoto meninggal dunia Sabtu (6/8/2022) malam.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan jika dirinya sudah meminta instansi terkait untuk melakukan kajian terkait lanjut atau tidaknya tahapan seleksi perangkat desa tersebut.

"Ini tadi saya dengan Pak Asisten 1 sudah bilang, yang Desa Kurung ini perlu dikaji, dan itu nanti akan kami isi Pj Kades ya," ucapnya, Rabu (10/8/2022).

Menurut Sri Mulyani, dalam pelaksanaan seleksi perangkat desa, Kades definitif diperlukan untuk melakukan asesmen kultural dan melantik perangkat terpilih nantinya.

"Nanti kalau Pj Kades diisi oleh ASN, ya mohon maaf mungkin tidak kami lanjutkan tahapan seleksi perangkat desanya sampai menunggu pemilihan kepala desa tahun 2023.

"Pengisi perangkat desa ini memang membutuhkan kepala desa definitif, nah kalau PJ kan biasanya dari ASN dan netralitas ASN harus dijaga," lanjutnya.

Kemudian, lanjut Sri Mulayni, kajian kelanjutan tahapan seleksi perangkat desa di Desa Kurung itu terjadi karena situasi darurat dan bukan karena keinginan pihaknya.

"Situasinya darurat ya, nanti kita kaji ya lanjut atau dibatalkan karena kadesnya meninggal," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, ada 41 pelamar yang memasukan berkas untuk dua lowongan perangkat desa di Desa Kurung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved