Berita Jogja Hari Ini

Disdikpora DIY Temukan Pelanggaran SMAN 1 Banguntapan: Hanya Menyediakan Paket Seragam Muslimah

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, pihak sekolah terbukti melakukan pelanggaran

TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie
Konfrensi pers perkembangan penanganan perkara dugaan pemaksaan berjibab di kantor Disdikpora DIY, Rabu (10/8/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Polemik kasus dugaan pemaksaan berjilbab terhadap salah seorang siswi SMAN 1 Banguntapan Bantul memasuki babak baru.

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, pihak sekolah terbukti melakukan pelanggaran karena melakukan praktek jual beli seragam.

Tindakan tersebut menyalahi Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 dan Surat Edaran Kepala Dinas Disdikpora DIY Nomor 421/9843 yang mengatur soal seragam sekolah di sekolah negeri.

Baca juga: KEBAKARAN Gedung SDN 1 Delegan Prambanan Sleman, KBM Tatap Muka Bakal Dibagi Dua Sift

"Di aturan itu dijelaskan kalau seragam diadakan oleh orang tua jadi sekolah tidak boleh menjual seragam. Di sana (SMAN 1 Banguntapan) ada menjual seragam. Itu data fakta yang kami temukan," terang Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya saat menggelar konferensi pers di kantor Disdikpora DIY, Rabu (10/8/2022).

Selain itu, sekolah secara tidak langsung terbukti melakukan pemaksaan kepada seluruh siswi yang beragama muslim untuk mengenakan jilbab.

Hal ini lantaran sekolah hanya menyediakan satu jenis paket seragam di mana seragam muslimah menjadi satu-satunya pilihan.

"Sehingga mendorong semua siswa disarankan menggunakan jilbab. Jadi tidak memberi ruang pilihan," katanya.

Disinggung dugaan pemaksaan berjilbab yang dilakukan oknum guru hingga membuat siswi depresi, Didik belum bisa memastikan apakah benar-benar terjadi pemaksaan.

Sebab, pihaknya belum bisa meminta keterangan langsung dari siswi tersebut.

Keterangan hanya diperoleh dari pihak pendamping korban dugaan pemaksaan serta kepala sekolah dan guru.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved