Berita Jogja Hari Ini

Pemkot Yogyakarta Optimis Revitalisasi Pedestrian Senopati Rampung Akhir 2022

Pekerjaan fisik revitalisasi pedestrian Jalan Senopati diklaim sudah berjalan sesuai dengan rencana yang ditentukan.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya (kiri), saat meninjau proyek revitalisasi pedestrian Jalan Senopati, Selasa (9/8/2022) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemkot Yogyakarta optimis proyek revitalisasi pedestrian Jalan Senopati dapat terselesaikan pada penghujung 2022.

Dengan begitu, saat libur akhir tahun, fasilitas penunjang kawasan Malioboro tersebut, sudah bisa dinikmati wisatawan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta , Hari Setyawacana, mengatakan, saat ini proyek fisik masih dalam tahapan pembersihan lahan.

Langkah tersebut, sekaligus jadi persiapan sebelum dilangsungkan pemasangan traso.

Baca juga: Pedestrian Jalan Senopati Kota Yogyakarta Direvitalisasi sebagai Pendukung Kawasan Malioboro

Selain itu, pihaknya juga menempuh pembenahan inlet saluran air hujan, yang di beberapa titik ditemukan sudah tidak berfungsi optimal.

Sementara terkait dengan konsep yang diusung, dipastikan serupa dengan pedestrian di kawasan Malioboro dan Jalan KHA Dahlan.

"Target kami memang pada pertengahan Desember itu sudah selesai, kemudian pada akhir tahun dapat dinikmati warga dan wisatawan," ujarnya, Selasa (9/8/2022).

Dalam proyek yang digarap dengan anggaran Rp12,2 miliar dari Dana Keistimewaan (Danais) tersebut, Hari memastikan, tidak ada penebangan pohon perindang.

Sehingga, katanya, semua vegetasi yang berjajar di sepanjang Jalan Senopati tetap dipertahankan dan tak tergerus proyek.

Baca juga: Telan Anggaran Rp15,9 Miliar, Revitalisasi Pedestrian Jalan Senopati Dimulai Mei 2022 

"Tapi, kami koordinasi dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) juga, terkait pohon-pohon yang besar itu, riskan, atau tidak, apakah mungkin perlu perapian," ujarnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta , Aman Yuriadijaya, mengatakan, pekerjaan fisik revitalisasi pedestrian Jalan Senopati sudah berjalan sesuai dengan rencana yang ditentukan.

Sehingga, ia meyakini, tidak ada keterlambatan dalam proses dan pelaksanaan.

"Jadi, ini merupakan momentum tepat, karena tidak hanya menata trotoar, tetapi juga bagian dari dukungan kami, ya, terhadap kawasan Malioboro ," katanya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved