Berita Jogja Hari Ini

DPRD Tetapkan Gubernur dan Wagub DIY 2022-2027, Sri Sultan HB X: Rayakan dengan Sederhana

Ketua DPRD DIY Nuryadi mengatakan, serangkaian proses penetapan itu telah dilalui sejak masa jabatan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Miftahul Huda
Ketua DPRD DIY Nuryadi membacakan naskah penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY 2022-2027, Selasa (9/8/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rapat Paripurna tanggapan fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY terhadap visi misi dan program calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DIY 2022-2027 telah selesai digelar.

Tanggapan dari fraksi-fraksi juga menandai bahwa berkas penetapan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DIY dinyatakan valid dan siap dikirim ke Presiden RI melalui Kemendagri.

Dasar hukum penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY 2022-2027 yakni sesuai UU Keistimewaan Nomor 13 Tahun 2012 dan Perdais Nomor 2 Tahun 2015 tentang tata cara pengisian jabatan, pelantikan, kedudukan, tugas dan wewenang gubernur dan wakil gubernur.

Baca juga: Soal Dugaan Pemaksaan Berjilbab di SMAN 1 Banguntapan, Sri Sultan HB X: Keputusan Rekonsiliasi

Ketua DPRD DIY Nuryadi mengatakan, serangkaian proses penetapan itu telah dilalui sejak masa jabatan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY periode 2017-2022 berakhir pada Oktober 2022 sesuai surat pernyataan dari sekretariat DPRD DIY.

Pihak DPRD DIY kemudian membentuk tim panitia khusus (pansus) penetapan calon gunernur dan wakil gubernur DIY 2022-2027.

"Dewan sudah melaksanakan tugasnya berdasarkan UU Keistimewaan dan perdais. Hari ini saya tegaskan lagi dari rapur khusus ini, kami menetapkan gubernur dan wakil gubernur DIY. Berkas segera kami kirim ke Presiden lewat Mendagri," kata Nuryadi, saat jumpa pers, di gedung DPRD DIY, Selasa (9/8/2022).

Dijelaskan Nuryadi, pihaknya tinggal menunggu proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY 2022-2027 pada 10 Oktober mendatang.

"Kami juga berpesan ke presiden, bahwa harapan kami 55 anggota dewan bisa menyaksikan pada saatnya pelantikan 10 Oktober nanti dalam keadaan sehat," terang dia.

Baca juga: Pertamina Sebut Stok Pertalite di DI Yogyakarta Sebanyak 133 Ribu Kiloliter 

Rayakan dengan Kesederhanaan

Sementara Sri Sultan Hamengku Buwono X seusai ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY 2022-2027 menyampaikan terimakasih kepada para anggota dewan, sebab telah menyelesaikan tahapan penetapan sesuai undang-undang yang ada.

Ngarsa Dalem berharap proses pelantikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY 2022-2027 oleh Presiden RI Joko Widodo dapat tepat waktu.

Sri Sultan tidak dapat mencegah masyarakat yang ingin menggelar serangkaian hajatan atau perayaan sebagai wujud suka cita dan harapan baru atas penetapan jabatan Gunernur dan Wakil Gubernur DIY 2022-2027.
 
Akan tetapi, dirinya berharap perayaan tersebut tidak digelar saat ini melainkan dilaksanakan seusai pelantikan dengan cara yang sederhana.

"Saya tidak bisa memaksakan terserah masyarakat sendiri. Bukan saat ini tapi setelah 10 oktober. Kondisi ekonomi belum pulih. Saya berharap kesederhanaan di dalam merayakan itu juga penting. Jangan sampai kemewahan yang terjadi, itu dihindari," jelas Sri Sultan. (hda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved